Jumat, 29 Maret 2024

Gubernur Jatim: Kami Sudah Distribusikan Sembako Mulai Minggu Lalu

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur. Foto: Humas Pemprov Jawa Timur

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyatakan, pihaknya sudah memulai pendistribusian paket bantuan sosial berupa sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah kerjanya, di tengah pelaksanaan PPKM Darurat, sejak pekan lalu.

Dia menyampaikan itu merespons instruksi Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) sekaligus Koordinator PPKM Darurat yang meminta agar para kepala daerah memeriksa pendistribusian paket obat dan bansos berulang kali agar tepat sasaran.

“Kami sudah mendistribusikan sembako mulai minggu lalu. Pembagian kami lakukan bersama Panglima dan Kapolri, Forkopimda, semua full team, blusukan di area kami untuk paket sembako,” ujar Khofifah dalam rapat koordinasi virtual bersama Menko Marves sebagaimana dilansir Antara, Selasa (20/7/2021).

Secara lebih spesifik Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepada para kepala daerah, juga TNI dan Polri yang terlibat dalam pendistribusian paket obat dan bansos itu, agar mendata pendistribusian secara baik, supaya paket bantuan dari pemerintah itu sampai kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Distribusi paket obat dan bansos sudah mulai dilakukan ke berbagai provinsi yang ada di Jawa dan Bali. Selain Jawa Timur, paket obat dan bansos itu juga sudah mulai didistribusikan di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Bali.

Pembagian dilaksanakan oleh anggota TNI dan Polri bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk paket obat, juga Kementerian Sosial untuk bansos, sejak minggu lalu. Khusus untuk paket obat, terutama untuk mereka yang sedang isolasi mandiri di rumah maupun yang sedang perawatan di rumah sakit.

Selain Khofifah, turut hadir dalam rakor virtual itu Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta, Wahidin Halim Gubernur Banten, Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat, Sri Sultan Hamengku Buwono X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, juga Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah.

Tidak hanya kepada kepala daerah, Luhut terutama berpesan kepada Anggota TNI dan Polri agar mereka betul-betul melihat fakta yang ada di lapangan ketika memberikan paket obat dan bansos kepada masyarakat. Menko Marves berpesan, jangan sampai ada yang terlewat.

Selain Khofifah, Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat turut merespons instruksi yang disampaikan Luhut Binsar Pandjaitan dalam Rakor Senin (19/7/2021) kemarin. Dia bilang, Pemprov Jawa Barat sudah mulai menerima paket obat dan bansos. “Sudah mulai dibagikan juga sejak hari ini,” kata Gubernur Ridwan Kamil.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs