Senin, 18 Oktober 2021

Hari Donor Darah Sedunia, PMI Surabaya Tambah Tiga Lokasi Pelayanan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia pada 14 Juni, Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya memperluas layanan donor darah dan plasma konvalesen di empat lokasi.

Triksi Hendria Kasie Humas PMI Surabaya mengatakan, selain di kantor UDD PMI Surabaya, PMI juga akan melayani pendonor di Taman Bungkul, BG Junction, dan Pusat Grosir Surabaya (PGS).

“Agendanya memang akan ada layanan donor darah dan screenning donor plasma konvalesen bagi masyarakat. Bertepatan Hari Donor Darah Sedunia, kami juga akan berbagi terima kasih kepada masyarakat yang berdonor,” katanya, Rabu (9/6/2021).

Dengan adanya tiga tempat selain UDD PMI Surabaya, dia berharap masyarakat umum bisa memanfaatkan layanan itu tanpa harus ke Kantor Pusat PMI Surabaya.

“Untuk donor darah setelah pemeriksaan kesehatan, bisa langsung donor. Kalau yang screenning plasma konvalesen hanya pemeriksaan awal. Donor tetap dilaksanakan di kantor UDD PMI,” kata Triksi.

Untuk layanan di tiga tempat tersebut, meskipun digelar di luar kantor PMI Surabaya, aturan dan ketentuan bagi pendonor tetap berlaku. Misalnya soal penerapan protokol kesehatan.

Triksi berharap dengan semakin luasnya pelayanan di Hari Donor Darah Sedunia, kekosongan stok darah maupun stok plasma konvalesen yang hingga Rabu (9/6/2021) siang masih mengkhawatirkan bisa terpenuhi.

“Mudah-mudahan dari kegiatan di empat tempat itu, stok persediaan darah dan plasma konvalesen di PMI Surabaya yang sejak beberapa hari lalu kosong kembali tersedia. Kami harap masyarakat penyintas Covid-19 hadir,” katanya. (tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Senin, 18 Oktober 2021
29o
Kurs