Kamis, 25 April 2024

Ibu Hamil di Surabaya Tertib Jalani Vaksinasi Covid Massal di Kampus C Unair

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Pemkot Surabaya menggelar vaksinasi massal Covid-19 yang kali ini menyasar ibu hamil. Seribu dosis Sinovac telah disiapkan untuk kegiatan yang kali ini digelar di Airlangga Convention Center Kampus C Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Kamis (19/8/2021). Foto: Anton suarasurabaya.net

Pemkot Surabaya kembali menggelar vaksinasi massal Covid-19 yang kali ini menyasar ibu hamil. Seribu dosis Sinovac telah disiapkan untuk kegiatan yang kali ini digelar di Airlangga Convention Center Kampus C Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Kamis (19/8/2021).

Syarat peserta yang kali ini bisa mendapatkan vaksin adalah untuk usia kehamilan 13 minggu hingga 33 minggu, harus dalam kondisi sehat, dan membawa buku Kesehatan Ibu Anak (KIA).

Selanjutnya ibu hamil tidak ada penyakit penyerta (komorbid), serta bukan penyintas Covid-19 kurang dari 3 bulan.

Terlihat skrining juga diberlakukan lebih ketat, di antaranya tekanan darah 140/90, tidak ada nyeri ulu hati, pandangan mata tidak kabur, serta riwayat asma.

Ranita, salah satu peserta vaksinasi yang usia kehamilannya sudah mencapai 25 minggu merasa senang dengan kesempatan vaksinasi untuk ibu hamil ini.

“Saya sudah menunggu pelaksanaan vaksinasi untuk ibu hamil ini, dan waktu periksa kehamilan terakhir dibolehkan oleh dokter kandungan, sudah mendapatkan rekomendasi juga dari dokter spesialis,” ujarnya bersemangat.

Warga yang tinggal kawasan Kalibokor Surabaya ini mengaku hanya butuh waktu setengah jam dari mulai antre hingga mendapatkan suntikan.

Sebelumnya, Ranita mendaftarkan diri lewat Puskesmas setempat, dan merasa dimudahkan karena semua persiapan hari ini sudah diatur dan diarahkan oleh bidan kelurahan.

Sementara Febria Rachmanita (Feni) Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya mengatakan vaksinasi ibu hamil tersebut wajib dilakukan untuk meningkatkan imunitas bumil terhadap penyakit Covid-19. Apalagi ibu hamil ini merupakan golongan masyarakat yang rentan.

Dokter Feni merinci dari seribu peserta vaksin hari ini, 600 di antaranya merupakan ibu hamil yang telah didata oleh Puskesmas yang tersebar di 31 kecamatan. Khususnya yang mendapat pendampingan Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Sementara 400 orang ibu hamil lainnya dari dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi (POGI) dan Rumah Sakit.

Perlu diketahui, pelaksanaan vaksinasi massal untuk ibu hamil di Surabaya, hari ini merupakan rangkaian dari pencanangan vaksinasi serentak kepada ibu hamil secara nasional. (ton/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs