Jumat, 26 April 2024

Indonesia Kembali Menerima 500 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Sinopharm

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Sebanyak 1,4 juta dosis Vaksin Covid-19 Sinopharm, tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (13/7/2021). Foto: dok/Biro Pers Setpres

Indonesia kembali mendapat tambahan 500 ribu dosis Vaksin Covid-19 Sinopharm dari China pada Selasa (3/8/2021) siang, yang akan dipakai untuk Program Vaksinasi Gotong Royong.

Sekitar pukul 13.00 WIB, pesawat khusus yang mengangkut vaksin itu, mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Pahala Nugraha Mansury Wakil Menteri BUMN mengatakan, dengan tambahan yang diterima hari ini, Indonesia sudah mendapat sekitar delapan juta dosis Vaksin Sinopharm, dari 15 juta dosis yang dipesan.

Dalam keterangan pers virtual dia bilang, pengadaan Vaksin Sinopharm merupakan bagian dari upaya mempercepat terciptanya kekebalan kelompok terhadap Virus Corona.

“Komunikasi terus kami lakukan dengan pihak-pihak berkepentingan, termasuk Kadin0 Indonesia untuk memastikan ketersediaan pasokan Vaksin Covid-19 untuk vaksinasi para pekerja bisa tercukupi,” ujarnya.

Sekadar informasi, tahun ini pemerintah pasang target menyuntikkan 20 juta dosis vaksin Covid-19 lewat Program Vaksinasi Gotong Royong.

Program Vaksinasi Gotong Royong diatur lewat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021.

Dalam pelaksanaannya, perusahaan atau badan usaha membeli Vaksin Covid-19 lewat BUMN farmasi, lalu memberikan gratis kepada para pegawai dan keluarganya.

Sejauh ini, pemerintah sudah menetapkan empat merek vaksin yang bisa dipakai dalam Program Vaksinasi Gotong Royong.

Selain Sinopharm, ada CanSino dan Anhui Zhifei Longcom yang juga produk China, serta Sputnik V dari Rusia.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs