Sabtu, 4 Desember 2021

Indonesia Sudah Menerima 285 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Petugas kargo membawa boks berisi vaksin Covid-19 AstraZeneca setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (2/9/2021). Foto: Antara

Sebanyak 2,5 juta dosis Vaksin Covid-19 merek Pfizer, Minggu (17/10/2021) sore, kembali datang di Indonesia.

Vaksin Pfizer berbentuk jadi itu hasil pembelian langsung Pemerintah Indonesia dari perusahaan asal farmasi asal Amerika Serikat.

Sekitar pukul 16.30 WIB, pesawat khusus yang mengangkut jutaan dosis vaksin Pfizer mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Setibanya di Tanah Air, vaksin tersebut langsung didistribusikan ke tiga provinsi, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Dengan tambahan vaksin Pfizer, Indonesia tercatat sudah 91 kali menerima kiriman, terhitung dari Desember 2020.

Per hari ini, Senin (18/10/2021), jumlah vaksin impor yang sudah diterima Pemerintah Indonesia 285 juta dosis, berbentuk siap suntik mau pun bahan baku.

Johnny Gerard Plate Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan, tambahan stok vaksin Covid-19 merupakan bukti konkret upaya pemerintah memenuhi kebutuhan vaksin untuk masyarakat.

“Lancarnya kedatangan vaksin sangat penting untuk mempercepat tercapainya kekebalan kelompok, seiring upaya pemerintah meningkatkan capaian vaksinasi di berbagai daerah,” ujarnya di Jakarta, Senin (18/10/2021).

Johnny bilang, pemerintah terus berupaya mendistribusikan vaksin secepat mungkin, dengan cara langsung mengirim vaksin siap suntik ke berbagai daerah, begitu datang di Indonesia.

Lebih lanjut, Menkominfo mengungkapkan, Penduduk Indonesia yang sudah disuntik vaksin dosis pertama sudah mencapai 107 juta orang (51,3 persen) dari target, dan 62 juta orang (30 persen) yang sudah menerima vaksin dosis kedua.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Sabtu, 4 Desember 2021
30o
Kurs