Jumat, 12 April 2024

Jalan Tol Surabaya-Gempol Sudah Bisa Dilalui Semua Jenis Kendaraan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ruas tol Surabaya-Gempol KM 6.200 yang longsor, sudah bisa dilalui kembali. Foto: Roni Faslah via WA SS

Jalan tol Surabaya-Gempol yang longsor di KM 6.200 arah Waru sudah bisa dilalui semua jenis kendaraan sejak semalam. Kata AKP Roni Faslah Kanit PJR Jatim 2, semua gerbang masuk dibuka sejak Kamis (28/1/2021) pukul 21.00 WIB.

“Semalam dilakukan pemasangan besi penyangga di KM 6.200. Sudah saya lakukan uji coba sejak semalam. Saya buka satu gerbang dulu dicoba. Sudah bagus. Saya coba konfirmasi dengan tim ITS apakah sudah bisa dilalui, mereka bilang bisa. Pagi ini sudah bisa dilalui semuanya,” kata AKP Roni dikonfirmasi suarasurabaya.net, Jumat (29/1/2021).

Setelah dilakukan perbaikan jalan, kata Roni, pihaknya mendapatkan rekomendasi teknis dari Laboratorium Mekanika Tanah & Batuan, Departemen Teknik Sipil ITS. Di mana berdasarkan hasil analisa, jalan tersebut sudah aman untuk dilintasi kendaraan.

“Sudah dapat rekomendasi dari Tim ITS. Hasil analisa siang tadi, tanah sudah keras, kadar air juga sudah dikeruk, dan dinyatakan aman untuk dilintasi truk. Tapi ada kanalisasi untuk lajur 2 nanti untuk truk bermuatan, lajur 1 untuk kendaraan pribadi atau golongan 1,” ungkapnya saat mengudara di Radio Suara Surabaya.

Dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Laboratorium Mekanika Tanah & Batuan, Departemen Teknik Sipil ITS merekomendasikan agar lajur 3 untuk dilintasi kendaraan di atas golongan 1, dan lajur 3 khusus diperuntukkan kendaraan golongan 1.

AKP Roni memastikan kendaraan besar dengan muatan lebih dari 30 ton sudah diperbolehkan melintas.

“Semua kendaraan bisa lewat,” jelasnya.

Seperti diketahui, akibat longsor yang terjadi di tol Surabaya-Gempol yang longsor di KM 6.200 arah Waru pada Senin (25/1/2021) malam, terjadi pemilahan jalur untuk kendaraan yang akan melintas. Kendaraan golongan I diperbolehkan melintas, sedangkan golongan kendaraan di atasnya dialihkan untuk melewati jalur bawah.(dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 12 April 2024
27o
Kurs