Jumat, 26 April 2024

Jember Diguncang Gempa Magnitudo 5,3, Sebagian Warga Berhamburan Keluar Rumah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Titik gempa bumi bermagnitudo 5,3 yang mengguncang selatan Jawa Timur dan Bali, Senin (13/12/2021). Foto: BMKG

Sebagian warga di beberapa kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur berhamburan keluar rumah dan ruangan saat gempa bumi dengan magnitudo 5,3 terjadi Senin (13/12/2021) siang pukul 12.46 WIB.

Gempa bumi magnitudo 5,3 itu mengguncang selatan Jawa Timur dan Bali dengan episenter gempa bumi di koordinat 9,69 derajat LS; 113,57 derajat BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 167 kilometer arah selatan Kota Jember pada kedalaman 73 kilometer.

“Saat rebahan di sofa tiba-tiba seperti bergerak, sehingga spontan saya langsung keluar rumah sambil berteriak gempa-gempa,” kata Nurhayati, salah seorang warga di Kelurahan/Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, seperti dilaporkan Antara.

Tetangganya yang merasakan getaran gempa cukup kuat yang berlangsung beberapa detik itu juga langsung keluar rumah sambil menggendong anaknya yang masih bayi.

“Ada beberapa tetangga yang merasakan getaran gempa, tetapi ada juga yang tidak merasakan gempa. Sehingga mereka tetap beraktivitas di dalam rumah,” ujarnya.

Tidak hanya itu, guncangan gempa bumi juga sempat menghentikan sementara kegiatan persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jember karena hakim, panitera, dan jaksa yang berada di dalam ruangan sidang berhamburan keluar ruangan.

“Saat terjadi gempa memang sedang berlangsung beberapa sidang di PN Jember, sehingga persidangan terhenti beberapa menit karena mereka yang ada di dalam ruangan berlari keluar ruangan untuk menyelamatkan diri,” kata Sigit Triatmojo Juru bicara PN Jember.

Setelah situasi aman dan tidak lagi ada guncangan gempa, kata dia, majelis hakim, jaksa, dan panitera kembali ke ruang sidang untuk melanjutkan persidangan.

“Sidang tetap berjalan setelah situasi aman, sehingga gempa bumi itu tidak sampai menunda atau mengganggu persidangan di PN Jember,” katanya.

Berdasarkan keterangan BMKG, Bambang Setiyo Prayitno Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi itu memiliki parameter update dengan magnitudo 5,1.

“Dengan episenter gempa bumi di koordinat 9,69 derajat LS; 113,57 derajat BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 167 km arah selatan Kota Jember, Jawa Timur pada kedalaman 73 km,” ujarnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar dan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Hingga Senin pukul 13.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock), sehingga masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(ant/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
28o
Kurs