Jumat, 26 April 2024

Jokowi Presiden Pimpin Upacara Ulang Tahun ke-76 TNI di Istana Merdeka

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menyampaikan amanat pada Upacara HUT ke-76 TNI, Selasa (5/10/2021), di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Selasa (5/10/2021), memimpin upacara peringatan hari ulang tahun Ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI), di Istana Merdeka, Jakarta.

Upacara yang diikuti peserta terbatas dimulai pukul 08.00 WIB.

Hadir juga di Istana Kepresidenan antara lain Ma’ruf Amin Wakil Presiden, Mahfud Md Menko Polhukam, Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI, dan Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri.

Kemudian Jenderal Andika Perkasa KSAD, Laksamana Yudo Margono KSAL, dan Marsekal Fadjar Prasetyo KSAU.

Pada upacara hari ulang tahun TNI tahun yang dipusatkan di Istana Presiden ini, Kolonel Inf Tunjung Setyabudi bertugas sebagai Komandan Upacara, dan Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya selaku Perwira Upacara.

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, upacara tetap menerapkan protokol kesehatan. Semua yang hadir wajib memakai masker dan menjaga jarak fisik.

Upacara diawali dengan kumandang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya, Presiden mengajak semua yang mengikuti upacara langsung dan juga secara virtual, mengheningkan cipta untuk mengenang jasa besar para pahlawan.  Kemudian, perwakilan Prajurit TNI membacakan Sapta Marga di hadapan Jokowi Presiden.

Pada kesempatan itu, Presiden menganugerahkan tanda jasa dan kehormatan kepada tiga Prajurit TNI yang dianggap sudah menjalankan tugas lebih dari tugas pokoknya.  Selanjutnya, presiden menyampaikan amanat kepada seluruh Prajurit TNI.

Dalam amanatnya, Jokowi Presiden mengucapkan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya atas kerja keras TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, penjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta melindungi Bangsa Indonesia dari segala ancaman dan gangguan.

Sesudah prosesi upacara selesai, 18 unit pesawat tempur dan delapan unit helikopter TNI, melakukan fly pass di atas Istana Kepresidenan Jakarta.

Selain dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta, upacara peringatan hari ulang tahun ke-76 TNI juga dilaksanakan di seluruh satuan TNI, baik yang ada di dalam negeri mau pun luar negeri secara daring.

Presiden menyapa Prajurit TNI yang bertugas di sejumlah daerah secara virtual, antara lain di perbatasan Lebanon, di Pulau Rote, dan Rumah Sakit Lapangan Indrapura, Surabaya.

Sebagai penutup, Presiden beserta Ibu Negara dan Wakil Presiden serta istri, melihat ratusan kendaraan tempur TNI yang terparkir di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs