Jumat, 20 Mei 2022

Kemenkes Minta Puskesmas Edukasi Masyarakat Pentingnya Vaksinasi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Program vaksinasi door to door dilakukan setiap hari oleh semua puskesmas di Surabaya. Dalam satu hari, setiap puskesmas menargetkan 300 sasaran yang terdiri dari lansia dan pelayan publik. Sementara hingga saat ini, total lansia yang sudah divaksin mencapai 210 ribu, dari total target sasaran 253 ribu. Sabtu (22/5/2021). Foto: Manda suarasurabaya.net

Prof. dr. Abdul Kadir Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan meminta puskesmas untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19.

“Puskesmas diharapkan menjadi tenaga edukator masyarakat tentang pentingnya vaksinasi,” kata Prof. Abdul Kadir dalam seminar daring bertajuk “Peran Strategis Puskesmas Dalam Penanganan Covid-19” di Jakarta, Jumat (19/3/2021).

Dalam pelaksanaan vaksinasi, puskesmas yang bekerja di bawah Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota memiliki peran penting, mulai dari pendataan warga sasaran vaksinasi, pendataan jumlah vaksin yang dibutuhkan dan perencanaan logistik dalam vaksinasi, pelaksanaan vaksinasi hingga menyiapkan penanganan medis bila terdapat penerima vaksinasi yang mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

“Puskesmas yang mendata sasaran vaksinasi, perencanaan logistik, pelaksanaan vaksinasi dan menyiapkan bila terjadi KIPI,” tuturnya.

Abdul Kadir menambahkan puskesmas juga harus menjadi contoh penegakan disiplin protokol kesehatan untuk masyarakat.

“Oleh karena itu, nakes (tenaga kesehatan) puskesmas diberi pelatihan kemampuan komunikasi, dilatih menggunakan teknologi informasi untuk menjelaskan informasi (tentang prokes). Koordinasi dengan camat, lurah, tokoh masyarakat dan tokoh agama,” paparnya.

Di masa pandemi saat ini, puskesmas berperan untuk mencegah warganya terpapar Covid-19, mendeteksi masyarakat yang diduga terpapar Covid-19 dan merespons bila menemukan warganya terpapar Covid-19.

Ketiga fungsi tersebut dilaksanakan oleh puskesmas dengan pendekatan 3T (testing, tracing dan treatment).(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Jumat, 20 Mei 2022
31o
Kurs