Sabtu, 23 Oktober 2021

Khofifah Instruksikan Satpol PP Kedepankan Empati

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Satpol PP Surabaya memberikan bantuan sembako kepada para PKL yang usahanya harus tutup karena PPKM, Kamis (15/7/2021) Foto : Humas Pemkot Surabaya

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menginstruksikan jajaran Satpol-PP setempat untuk mengedepankan empati dalam pengawasan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

“Kepada seluruh personel Satpol PP di Jatim, saya instruksikan untuk tetap humanis dan manusiawi dalam pengawasan PPKM darurat,” ujar Khofifah dalam postingan yang diunggah di akun instagram pribadinya @khofifah.ip seperti yang dilansir dari Antara, Minggu (18/6/2021).

Khofifah meminta para personel melakukan pendekatan yang baik dan tetap tegas, namun jangan ada arogansi dan sikap berlebihan kepada masyarakat.

Di akhir kalimat keterangan foto unggahannya, Mantan Mensos itu mendoakan seluruh masyarakat selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT.

“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan dan melindungi kita semua,” tulis gubernur perempuan pertama di Jatim itu.

Warganet merespon positif unggahan Khofifah di instagram dan mendukung instruksi agar Satpol PP bersikap lebih humanis saat mengawasi PPKM Darurat.

Salah seorang warganet, @albar.nia.52 berkomentar dukungan dan berharap Satpol PP lebih amanah dan merangkul masyarakat.

“Aaminn YRA. Semoga para bapak2 Satpol PP lebih amanah, merangkul masyarakat. Kedepankan komunikasi & edukasi, bukan arogansi. Jatim bisa,” ujarnya.

Instruksi gubernur itu menindaklanjuti Surat Edaran Tito Karnavian Mendagri Nomor 440/3929/SJ tentang penertiban PPKM dan percepatan vaksinansi.

Dalam salah satu poin SE tertuju kepada kepala daerah itu, jajaran Satpol PP di masing-masing daerah diminta mengutamakan langkah profesional, humanis, dan persuasif selama PPKM.

Beberapa hari terakhir melalui berbagai tayangan di media sosial, viral video tentang patroli Satpol PP yang berdebat, bahkan bersitegang dengan masyarakat.

Di sisi lain, viral juga video personel Satpol PP yang melakukan tugasnya secara humanis, bahkan memberikan bantuan langsung berupa paket sembako, termasuk uang tunai kepada pedagang.

Budi Santoso Kasatpol PP Jatim menegaskan, dia siap menindaklanjuti arahan Gubernur Jatim dan berkoordinasi dengan seluruh Satpol PP kabupaten/kota agar mengedepankan humanis di lapangan.

“Kami juga sudah mengimbau bahwa saat melaksanakan pengawasan PPKM darurat harus berempati. Jangan lupa siapkan sembako untuk membantu saudara-saudara kita,” tutur dia.(ant/frh/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Sabtu, 23 Oktober 2021
30o
Kurs