Kamis, 28 Maret 2024

KIP Kuliah Merdeka Bantu Mahasiswa dari Keluarga Tidak Mampu Masuk Perguruan Tinggi Terbaik

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sepuluh mahasiswa penerima KIP Kuliah. Foto: Kemendikbudristek

Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2021 kepada 10 orang perwakilan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kampus IPB, Bogor.

Nadiem menekankan bahwa KIP Kuliah Merdeka membuka akses siswa beprestasi dari keluarga tidak mampu untuk melanjutkan studi ke berbagai prodi unggulan perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

“KIP Kuliah Merdeka adalah bentuk intervensi pemerintah dalam meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, agar anak-anak dari keluarga tidak mampu bisa kuliah,” ujar Mendikbudristek pada acara Penyerahan KIP Kuliah Merdeka di Auditorium Institut Pertanian Bogor (IPB),Jumat (10/12/2021).

Ke depan, kata Nadiem, pemerintah akan semakin memperhatikan anak-anak berprestasi dari keluarga tidak mampu agar dapat meningkatkan kesejahteraannya dan keluarganya melalui pendidikan tinggi berkualitas.

“Kami akan memastikan bahwa setiap kita mengeluarkan bantuan bagi mereka, itu akan membantu mereka mendapatkan penghidupan yang lebih baik,” kata dia. “Hal itulah yang mendasari Kemendikbudristek untuk meluncurkan KIP Kuliah Merdeka sebagai Merdeka Belajar episode kesembilan.”

Nadiem mengucapkan selamat kepada Mahasiswa penerima KIP Kuliah Tahun 2021.

“Kesempatan masih terbuka lebar untuk para calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Bagi calon mahasiswa yang kurang mampu tetapi memiliki ambisi besar, manfaatkanlah program KIP Kuliah Merdeka untuk meraih masa depan,” kata Nadiem.

Mendikbudristek menerangkan bahwa penyempurnaan kebijakan KIP Kuliah mencakup peningkatan besaran uang kuliah atau biaya pendidikan hingga mencapai Rp12 juta per semester untuk program studi dengan akreditasi A. Kemudian, peningkatan biaya hidup yang disesuaikan dengan indeks harga.

Dengan KIP Kuliah Merdeka, kata Nadiem, calon mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu menjadi lebih percaya diri untuk memilih prodi unggulan di perguruan tinggi terbaik, di manapun lokasinya di Indonesia.

Orang tua juga dapat mendorong anaknya melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi dengan dukungan pendanaan dari negara.

“Dengan peningkatan ini, KIP Kuliah memerdekakan calon mahasiswa untuk meraih mimpinya,” jelas Nadiem.

Sebelumnya, Suharti Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melaporkan bahwa penerima KIP Kuliah Merdeka tahun 2021 paling banyak berasal dari perguruan tinggi swasta yakni sebesar 2.013 PTS (94%).

Sementara dari perguruan tinggi negeri (PTN) sebanyak 122 PTN (6 persen). Adapun jumlah mahasiswa penerima pada PTS sebesar 103.730 (52%). Sedangkan di PTN, terdapat 96.270 mahasiswa (48%) penerima KIP Kuliah Merdeka.

“Sebanyak 23 persen penerima KIP berkuliah pada program studi akreditasi A,” tutur Sesjen Suharti.

Alifia Cantika Nurrahma, Mahasiswa Agronomi dan Holtikultura IPB mengaku terharu dan bangga karena terpilih menjadi peserta KIP Kuliah Merdeka.

“Saya harap di sini bisa menjadikan saya peneliti yang bisa mewujudkan mimpi saya dan mencerahkan masa depan saya dan keluarga,” ucapnya.

Sementara Ananda Shafa Rahma Adilla mahasiswi Pendidikan Kedokteran Universitas Indonesia juga bersyukur dengan dukungan KIP Kuliah, dia dapat selangkah lebih maju mewujudkan cita-citanya menjadi Dokter seperti impian dari almarhumah ibunya.

KIP Kuliah Merdeka juga meningkatkan peran perguruan tinggi dalam memberi kesempatan seluas-luasnya kepada calon mahasiswa kurang mampu untuk masuk ke prodi unggulan.

Sebagaimana disampaikan Arif Satria Rektor IPB, kebijakan KIP merupakan langkah strategis dan memihak mahasiswa yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

“Saya mengapresiasi program KIP Kuliah dan berterima kasih kepada Mas Menteri yang telah berkenan hadir dalam penyerahan KIP Kuliah Merdeka sekaligus melihat berbagai pencapaian IPB hari ini,” tutur Arif.

Arif menambahkan bahwa semestinya Mahasiswa IPB tidak boleh DO hanya gara-gara tidak punya uang untuk kuliah.

“Kami bersyukur IPB dan pemerintah bisa bersinergi dan sejalan dengan harapan untuk memastikan keberlanjutan pendidikan bagi seluruh mahasiswa. Karena saya yakin, pendidikan adalah cara untuk memutus mata rantai kemiskinan,” kata Arif.

Adapun sepuluh orang Mahasiwa yang menerima KIP Kuliah Merdeka dari Mendikbudristek antara lain Alifia Cantika Nurrahma (Mahasiswa IPB asal Padang, Sumatra Barat), Ananda Shafa Rahma Adilla (Mahasiswa Universitas Indonesia asal Pemalang, Jawa Tengah), Yohanes Adrian Biku Pia (Mahasiswa ITB asal Flores, NTT).

Berikutnya, Muhammad Akbar (Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta asal Riau), Tania Butarbutar (Mahasiswa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya asal Sihiong, Sumatra Utara).

Dilanjutkan, Fayza (Mahasisa Universitas Pakuan asal Sanggau, Kalimantan Barat), Ikram Syafiq (Mahasiswa Universitas Padjajaran asal Medan, Sumatra Utara), Nurjalali Wal Ikhram (Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta asal Tanah Datar, Sumatra Barat), Sanjiwan Pasaribu (Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa asal Labuan Batu, Sumatra Utara), Siti Nursaba (Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia asal Pinrang, Sulawesi Selatan). (faz/wld/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs