“Tidak ada satu negara pun yang dapat mengatasi pandemi Covid-19 ini seorang diri,” kata Park Tae-sung Duta Besar Korsel untuk Indonesia seperti dilansir Antara, Minggu (18/7/2021).
Rencananya, bantuan itu akan didatangkan secara bertahap. Tahap pertama, hari ini, sebanyak 200 unit konsentrator oksigen telah tiba di Bandara Soekarno Hatta.
Sisanya, direncanakan tiba di Indonesia dalam waktu dekat pada tahap selanjutnya.

Menurut Park Tae-Sung, situasi Covid-19 ini seharusnya dihadapi dengan membangun solidaritas dan kerja sama internasional.

Park berkomitmen bahwa Korsel, sebagai mitra strategis khusus (Special Strategic Partner) Indonesia, senantiasa akan berjuang bersama mengakhiri Covid-19.

Harapannya, melalui bantuan ini, Korsel setidaknya turut andil mengamankan jumlah konsentrator oksigen di Indonesia.

Pemerintah Korsel mengungkapkan, pihaknya akan terus bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk menangani Covid-19 di Indonesia, termasuk memberi bantuan-bantuan kemanusiaan lainnya.

Tahun ini, Pemerintah Korsel telah mengucurkan dana USD 4 juta atau sekitar Rp57 miliar untuk Pemerintah Indonesia sebagai wujud kerja sama meningkatkan kapasitas penanggulangan Covid-19.

Perwujudan kerja sama itu meliputi pemberian peralatan tes PCR dan test kit antigen untuk meningkatkan kapasitas pengetesan, pelaksanaan program peningkatan sumber daya tenaga kesehatan, serta pemberian bantuan penanggulangan penyebaran Covid-19 di daerah-daerah terpencil, termasuk pulau-pulau terluar.(ant/frh/den)