Rabu, 17 Agustus 2022

Kota Blitar Jadi Lokasi Uji Coba Perdana PPKM Level 1

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Kantor Wali Kota Blitar. Foto: blitarkota.go.id

Pemerintah akan mulai melakukan uji coba Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 atau penerapan new normal di Kota Blitar, Jawa Timur.

Dalam keterangan pers virtual, sore hari ini, Senin (4/10/2021), Luhut Binsar Pandjaitan Koordinator PPKM Jawa-Bali mengatakan, Kota Blitar menjadi lokasi uji coba perdana karena sudah memenuhi syarat pengendalian wabah yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia (WHO).

Selain itu, jumlah penduduk yang menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama sudah mencapai 70 persen, dan dosis pertama untuk lanjut usia sekitar 60 persen dari target.

“Pemerintah akan melakukan uji coba PPKM Level 1 di Kota Blitar. Implementasi uji coba PPKM Level 1 diberlakukan karena Kota Blitar telah memenuhi syarat indikator WHO dan target cakupan vaksinasi dosis satu sebanyak 70 persen dan dosis satu lansia sebanyak 60 persen,” ujarnya.

Menurut Luhut, dalam PPKM Level 1 kegiatan masyarakat mendekati aktivitas kehidupan normal.

Di situ, pemerintah akan tetap melakukan tindakan surveillance, meningkatkan testing, tracing, treatment, serta meningkatan disiplin protokol kesehatan.

Dalam masa uji coba, pemerintah membentuk gugus tugas (task force) terdiri dari para pakar kesehatan yang tinggal di Kota Blitar beberapa waktu untuk melakukan pemantauan.

Luhut berharap, uji coba PPKM Level 1 di Kota Blitar berjalan sesuai harapan, dan bisa menjadi rujukan untuk penerapan new normal di kabupaten/kota lainnya.

Seperti diketahui, pemerintah kembali memperpanjang PPKM) Berjenjang di Jawa-Bali selama dua pekan ke depan, mulai tanggal 5 sampai 18 Oktober 2021.

Pada masa perpanjangan PPKM terbaru, ada 20 kabupaten/kota mayoritas di Semarang Raya dan Solo Raya yang menerapkan Level 2.

Kemudian, ada penambahan kabupaten/kota yang naik dari PPKM Level 2 ke Level 3, dari sebelumnya 84 menjadi 107 kabupaten/kota.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Rabu, 17 Agustus 2022
30o
Kurs