Kamis, 9 Mei 2024

Kunjungan Kerja ke Jatim, Jokowi Presiden akan Memantau Vaksinasi dan Meninjau Pabrik Pengolahan Porang

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menaiki Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, yang akan lepas landas menuju Provinsi Jawa Timur, Kamis (19/8/2021). Foto: biro pers setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Kamis (19/8/2021), melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur.

Sekitar pukul 08.00 WIB, Presiden bersama rombongan terbatas berangkat menumpang Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Madiun, Presiden disambut Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, Mayjen TNI Suharyanto Pangdam V/Brawijaya, dan Irjen Pol.Nico Afinta Kapolda Jawa Timur.

Sedikitnya ada empat agenda yang dijadwalkan dalam kunjungan Jokowi ke Jawa Timur, kali ini.

Agenda pertama, Presiden akan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok pelajar, di SMP Negeri 3 Mejayan, Kabupaten Madiun.

Di situ, Kepala Negara juga akan melakukan konferensi video dengan peserta program vaksinasi untuk pelajar, di sejumlah provinsi lain.

Agenda kedua, Presiden akan mampir ke Gang Kampung Pesilat yang ada di Kelurahan Krajan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan pola jemput bola, dari rumah ke rumah penduduk.

Siang harinya, agenda ketiga, Jokowi Presiden dijadwalkan memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Jawa Timur, di Pendopo Ronggo Djoemeno, Kabupaten Madiun.

Kemudian, agenda keempat dalam kunjungan kerja Presiden di Jawa Timur hari ini, mengunjungi pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac.

Di lokasi itu, Presiden juga akan melakukan peletakan batu pertama perluasan pabrik, dan berdialog dengan para petani porang.

Sekadar informasi, porang adalah tanaman umbi yang menjadi komoditas pertanian berorientasi ekspor.

Salah satu negara tujuan ekspor porang adalah Jepang. Masyarakat Jepang memanfaatkan porang untuk bahan baku Beras Shirataki yang bermanfaat untuk kesehatan.

Selesai rangkaian kegiatan tersebut, sore harinya Presiden beserta rombongan terbatas akan kembali ke Jakarta.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur antara lain Pramono Anung Sekretaris Kabinet, Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden, Marsekal Muda TNI Mohamad Tonny Harjono Sekretaris Militer Presiden, Brigjen TNI Tri Budi Utomo Komandan Paspampres, dan Bey Machmudin Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs