Rabu, 17 Agustus 2022

Kunjungi Pengungsi di Sumber Wuluh, Presiden Pastikan Rumah Warga Diperbaiki

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI saat mengunjungi posko pengungsian APG Gunung Semeru, Selasa (7/12/2021). Foto: Istimewa

Lida bersama 99 pengungsi lainnya tak menyangka bakal bisa bertemu dan disapa langsung oleh Jokowi Presiden RI yang mengunjungi mereka di posko pengungsian Lapangan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Selasa (7/12/2021).

“Pak Presiden bilang, jaga kesehatan, makan yang banyak, jangan bersedih,” tiru Lida.

Kabar bakal bertemu dengan Presiden RI baru diterimanya dan pengungsi lain semalam.

“Saya tidak pernah membayangkan bisa bertemu langsung,” katanya tersenyum.

Lida (sebelah kiri), pengungsi dari Dusun Kamar Kajang yang bertemu langsung Jokowi di Posko Pengungsian di lapangan Sumber Wuluh, Lumajang, Selasa (7/12/2021) Foto: Manda Roosa suarasurabaya. net

Lida berasal dari dusun Kamar Kajang, rumahnya hancur karena tertimpa abu vulkanik Gunung Semeru. halaman rumahnya dipenuhi lumpur setinggi lutut. Kini dia sudah empat hari mengungsi di posko terakhir di musala Kamar Kajang.

Saat disapa Presiden, salah satu warga menyampaikan kepada Jokowi agar infrastruktur yang hancur bisa segera diperbaiki. Presiden pun mengatakan akan segera membangun dan memperbaiki rumah-rumah warga terdampak berikut fasilitas publik lainnya seperti jembatan.

Inggih, ini Menteri PU sudah saya ajak. Ini baru mengecek semua, nanti segera dikerjakan,” lanjutnya.

“Terima kasih, Pak,” seru para warga.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Senin, 6 Desember 2021, pukul 20.15 WIB, awan panas guguran Gunung Semeru mengakibatkan kerusakan di sektor permukiman, pendidikan, maupun sarana dan prasarana.

Posko masih terus melakukan pemutakhiran terhadap dampak kerugian material, dengan data sementara rumah terdampak 2.970 unit, fasilitas pendidikan 38 unit dan jembatan (Jembatan Gladak Perak) putus 1 unit.(man/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Rabu, 17 Agustus 2022
30o
Kurs