Senin, 27 Mei 2024

Layanan GeNose C19 Wajib Diikuti Penumpang Kereta Api di Stasiun Pasar Turi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Petugas mengarahkan penumpang yang akan menggunakan perangkat pemeriksaan GeNose C19 di stasiun Surabaya Pasar Turi. Foto: Totok suarasurabaya.net

Mulai Senin (15/2/2021) calon penumpang kereta api (KA) melalui stasiun Surabaya Pasar Turi wajib mengikuti pemeriksaan GeNose C19.

“Wajib bagi seluruh calon penumpang yang akan menggunakan layanan perjalanan kereta api. Dan hari ini, Senin (15/2/2021) layanan pemeriksaan GeNose C19 dilakukan di stasiun Surabaya Pasar Turi, ” terang Luqman Arif Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya.

Dengan kwajiban ini, tambah Luqman berarti seluruh calon penumpang kereta api ke seluruh jurusan dan seluruh jenis kereta api boleh melakukan perjalanan jika kondisinya sehat dengan menunjukkan hasil tes negatif.

“Seluruh jurusan, semua jenis kereta api, wajib menunjukkan hasil negatif rapid tes maupun GeNose ini. Saat ini layanan pemeriksaan GeNose untuk wilayah Daop 8 memang baru dilaksanakan di stasiun Surabaya Pasar Turi. Tetapi tidak menutup kemungkinan akan diterapkan di beberapa stasiun lain di Daop 8, ” tambah Luqman.

Dengan persyaratan menunjukkan tiket perjalanan kereta api yang sudah dibeli, setiap calon penumpang bisa mengikuti pemeriksaan GeNose C19 untuk melengkapi persyaratan melakukan perjalanan dengan menggunakan moda transportasi kereta api.

Meskipun hasil pemeriksaan GeNose C19 bisa digunakan sekurangnya 3×24 jam, Luqman tetap menyarankan kepada masyarakat atau calon penumpang untuk mempersiapkan diri dan mengatur sendiri jadwal pemeriksaan agar tidak mengganggu jadwal keberangkatan kereta api.

“Kami tetap sarankan kepada masyarakat yang akan menggunakan transportasi kereta api agar tidak sampai mepet waktunya dengan jadwal keberangkatan kereta api. Jangan sampai mepet, dan akhirnya tertinggal jadwal keberangkatan kereta, ” tegas Luqman.

Pantauan di stasiun Surabaya Pasar Turi, Senin (15/2/2021) para petugas di layanan pemeriksaan GeNose C19 masih harus membantu mengarahkan konsumen yang akan menggunakan peralatan GeNose C19. Meskipun petunjuk penggunaan alat GeNose C19 sudah dipasang pada banyak tempat di lokasi pemeriksaan GeNose C19. (tok/lim)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
25o
Kurs