Selasa, 30 April 2024

Mahasiswa Pascasarjana ITATS Kaji Mikroplastik Kali Surabaya, Ini Temuannya

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
30 mahasiswa ITATS melakukan penelitian mikroplastik di Kali Surabaya, Minggu (21/11/2021). Foto : Dok. Ecoton

Dr Yulfiah, Pembantu Rektor Bidang Akademik  mendorong mahasiswa Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) melakukan kajian pencemaran mikroplastik di Kali Surabaya.

“Polusi plastik di Kali Surabaya merupakan indikator perilaku manusia yang tidak menghargai sungai, sebagai bagian masyarakat Surabaya yang menggunakan air Kali Surabaya sebagai bahan baku air minum, maka ITATS menginisiasi upaya kajian dan edukasi kepada masyarakat mengenai krisis mikroplastik” ungkap Dr Yulfiah.(23/11/2021).

Selama dua hari mulai 20-21 November 2021, sebanyak 30 orang mahasiswa ITATS berkolaborasi dengan Ecoton melakukannya ekspedisi Kali Surabaya dengan menggunakan perahu motor menyusuri Kali Surabaya bagian hulu. ” Kami melakukan ekspedisi survey pendahuluan untuk mengetahui kontaminasi mikroplastik di Kali Surabaya” ungkap Hani Ismail Mahasiswa Pasca Sarjana Teknik Lingkungan ITATS.

Hani yang juga koordinator komunitas Nol Sampah Surabaya menjelaskan bahwa mahasiswa ITATS akan melakukan penelitian terkait dengan sumber mikroplastik, ancaman kesehatan dan lokasi hotspot polusi mikroplastik yang akan ditulis dalam sebuah buku.

“Buku ini akan menjadi sarana edukasi kepada publik Surabaya sekaligus masukan kepada pemerintah” ungkap Hani.

Kegiatan ekspedisi  ini  melakukan pengambilan sampel air dan melakukan uji mikroplastik. Chlara Eka Budiarti peneliti mikroplastik Ecoton mengungkapkan dari uji rapid test diketahui Kali Surabaya bagian hulu tercemar mikroplastik jenis fiber.

“Banyaknya jenis mikroplastik fiber menunjukkan tingginya polusi limbah domestik dari cucian pakaian atau laundry dan tidak adanya pengolahan limbah domestik sehingga serat benang banyak mencemari kali Surabaya padahal airnya digunakan sebagai bahan baku PDAM Gresik, Sidoarjo, dan Surabaya,” kata Chlara.(man/iss)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs