Kamis, 28 Maret 2024

Mahasiswa Unitomo Targetkan KATANA di Tanggulangin Sidoarjo

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sambutan Siti Marwiyah Rektor Unitomo Surabaya pada KKN di Tanggulangin, Sidoarjo, Sabtu (5/6/2021). Foto: Humas Unitomo

Sebanyak 200 peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) gelombang 1 yang digawangi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) bersama Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PSBL) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur dan Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (5/6/2021) bertemu Sabino Mariano Camat Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo.

Bertempat di Pendopo Kecamatan Tanggulangin, KKN Tematik Bencana Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 mengusung tema Pencegahan dan Mitigasi Berbasis Keluarga Tangguh Bencana (KATANA).

Sabino Mariano mengungkapkan kedatangan mahasiswa KKN dari Unitomo membawa harapan baru bagi warga Kecamatan Tanggulangin. “Kami merasa terhormat atas kedatangan mahasiswa KKN yang kental atmosfir akademisi, ini akan membuat warga mendapat pengetahuan tentang penanganan bencana sehingga masing-masing keluarga menjadi keluarga tangguh, ” terang Sabino Mariano.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim, Gatot Soebroto bersama Kepala BPBD Sidoarjo, Dwidjo Prawito, serta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) secara resmi dibuka Siti Marwiyah Rektor Unitomo, Surabaya.

Pada kegiatan ini, Iyat, sapaan akrab Siti Marwiyah mengatakan Mahasiswa dalam menjalankan program KKN harus menjunjung tinggi semangat dokter Soetomo serta mematuhi protokol kesehatan secara ketat mulai awal pembukaan Sabtu (5/6/2021), hingga 27 Juni 2021 nanti. “Sebelum ke lokasi, menurut Ketua LPPM, bu Fadjar, semua sudah menjalani Rapid Antigen. Kami harapkan, mahasiswa bisa memberi program yang bermanfaat sehingga masyarakat Tanggulangin terwujud KATANA,” papar Siti Marwiyah Rektor Unitomo.

Sementara itu, Hendro Wardhono, Ketua PSBL Unitomo kembali mengingatkan ke mahasiswa agar segala pengetahuan tentang pencegahan dan mitigasi berbasis keluarga tangguh bencana bisa tersampaikan dengan baik ke masyarakat Tanggulangin. “Harapannya, kita bisa membentuk kelompok dasawisma KATANA,” pungkas Hendro Wardhono.(tok/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
28o
Kurs