Selasa, 23 April 2024

Menkes: Vaksin yang Datang Agustus-September Empat Kali Lipat Lebih Banyak

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan. Foto: Istimewa

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan menjelaskan Indonesia akan kedatangan 70 juta dosis vaksin Covid-19 pada Agustus-September.

Sehingga total vaksin yang akan diterima Indonesia sampai September nanti, menurut dia, akan mencapai 331 juta dosis.

“Ini hampir 4 kali lipat dari yang kita dapat bulan Januari sampai Juni kemarin,” ujarnya dalam konferensi pers virtual Evaluasi dan Penerapan PPKM, Senin (2/8/2021) malam, seperti dilansir Antara.

Menkes menjelaskan, vaksinasi akan difokuskan di daerah dengan kasus paling banyak dan tingkat kematian paling tinggi, yakni di Jawa, Bali, khususnya di tujuh wilayah aglomerasi.

Fokus vaksinasi yang akan digenjot pada Agustus dan September di wilayah itu untuk menekan penularan dan kematian, dengan beban target vaksinasi yang meningkat sampai empat kali lipat.

“Sebagai gambaran, per Juli vaksinasi harian mencapai 382 ribu per hari. Ini (vaksinasi) perlu naik sampai 1,2 juta per hari, hanya untuk tujuh wilayah aglomerasi saja. Bayangkan ada kenaikan empat kali lipat. Oleh karena itu tugas kami di Agustus dan September ini akan lebih berat,” papar-nya.

Menkes pun mengharapkan kerja sama TNI, Polri, pemerintah daerah dan semua organisasi kemasyarakatan untuk bisa menyukseskan target tersebut.

“Saya yakin kita bisa melakukannya bersama-sama,” kata Menkes.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs