Kamis, 11 Agustus 2022

Menteri PAN RB: Jenderal Andika Perkasa Layak Menjadi Panglima TNI Karena Faktor Senioritas

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
menteri-panrb-akan-pecat-asn-terlibat-penjualan-vaksin-ilegal-sumut Tjahjo Kumolo Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Foto: Kementerian PAN RB

Tjahjo Kumolo Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB) mendukung penuh keputusan Joko Widodo Presiden mengusulkan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

Menurut Tjahjo, ada sejumlah hal yang membuat Jenderal Andika layak memimpin TNI. Salah satunya, karena faktor lebih senior daripada Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Kepala Staf TNI Angkatan Udara, dan Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf TNI Angkatan Laut.

Di sisi lain, lanjut Menteri PAN RB, Jenderal Andika cukup dekat dan memahami Joko Widodo Presiden karena pernah menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Jenderal Andika adalah perwira tinggi senior di antara kepala staf matra TNI lainnya. Di sisi lain, KSAD Andika juga orang yang cukup dekat dan memahami Presiden Joko Widodo, mengingat pernah menjadi Komandan Paspampres,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

Lalu, Andika sempat menjabat Kepala Pusat Penerangan TNI AD. Dengan begitu, Tjahjo yakin komunikasi TNI dengan masyarakat bisa dilakukan dengan baik.

Lebih lanjut, Tjahjo Kumolo optimistis uji kelayakan dan kepatutan Jenderal Andika Perkasa di Komisi I DPR hari ini berjalan lancar.

Dia yakin calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan Presiden punya penguasaan konprehensif, baik dari segi akademik, kehumasan, intelijen, teritorial, dan operasional di TNI.

Soal sisa setahun masa aktif Jenderal Andika di TNI, Tjahjo menilai itu bukan masalah yang menghambat kinerja sebagai Panglima TNI.

“Masa jabatan tinggal satu tahun menurut saya tidak menjadi masalah prinsip, karena Presiden bisa saja mengangkat pejabat yang masa jabatan hanya satu bulan. Walaupun cuma setahun, saya yakin Jendral Andika mampu secara konprehensif melaksanakan skala priotitas dan renstra TNI untuk jangka pendek mau pun jangka panjang,” tegasnya.

Seperti diketahui, Jokowi Presiden memutuskan Jenderal Andika sebagai calon Panglima TNI, Jumat (29/10/2021), sebelum berangkat ke Roma, Italia, dalam rangka KTT G20.

Sebelumnya, selain Jenderal Andika Perkasa, ada nama Laksamana Yudo Margono Kepala Staf TNI Angkatan Laut yang berpeluang menjadi calon Panglima TNI.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Kecelakaan Truk Terguling di KM 750 Tol Waru

Surabaya
Kamis, 11 Agustus 2022
26o
Kurs