Senin, 20 Mei 2024

Pabrik Mertex Mojokerto Terbakar, Petugas Kekurangan Mobil PMK

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Asap tebal kebakaran pabrik Mertex mengganggu jarak pandang pengendara di sekitar lokasi, pada Rabu (8/9/2021). Foto: M. Fatih Ubaidila via Whatsapp

Kebakaran terjadi di pabrik garmen PT. Mertex Mojokerto pada Rabu (8/9/2021) siang. Api membakar gudang pabrik seluas 70×100 meter tersebut. Dengan luasan tersebut, saat ini jumlah PMK yang diterjunkan baru tujuh unit.

AKP Anwar Iskandar Kapolsek Mojoanyar Mojokerto mengatakan, tujuh unit PMK yang diterjunkan masih kurang mengingat pabrik yang sangat luas.

“Kalau dibilang cukup atau enggak, ya kurang,” kata Anwar kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (8/9/2021) sore.

Hingga sore tadi, api masih belum dipadamkan dan kepulan asap tebal menyebar dan menghalangi jarak pandang pengguna jalan di sekitar pabrik yang berlokasi di Jalan Bypass Mojokerto, Kecamatan Mojoanyar tersebut.

Proses pemadaman juga terkendala akses masuk ke lokasi kebakaran yang menyulitkan petugas.

Menurut Anwar, para karyawan pabrik sedang bekerja saat peristiwa kebakaran terjadi. Mereka yang mengetahui adanya api, masih berusaha menyelamatkan beberapa barang. Kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban.

“Korban nihil. Api sekarang masih menyala karena tempatnya luas, kendaraan masuk tidak bisa. Kondisi di dalam juga cukup membahayakan untuk petugas,” ujarnya.

Saat ini, pihaknya sudah meminta bantuan tambahan unit PMK ke BPBD dan PMK Mojokerto untuk menjinakkan api.

Petugas PMK juga menggunakan hidran kebakaran yang ada di sekitar pabrik untuk memasok air, yang diharapkan bisa mempercepat proses pemadaman.

“Di sekitar sini ada hidran yang masih bagus dan bisa difungsikan jadi tidak perlu keluar cari air,” imbuhnya.

Anwar mengatakan, polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran ini.(tin/ipg)

Berita Terkait

Gudang Kapas Pabrik Mertex Mojokerto Terbakar


..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
29o
Kurs