Jumat, 29 Maret 2024

Paus Minta Umat Kristen Dunia Berdoa dan Berpuasa bagi Afghanistan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pasukan koalisi Inggris, koalisi Turki, dan Marinir AS mengawal seorang anak saat evakuasi di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, dalam foto yang diambil Jumat (20/8/2021). Foto: Antara/Reuters

Paus Fransiskus, pada Minggu (29/8/2021), meminta umat Kristen di dunia berdoa dan menjalankan puasa memohon kepada Tuhan agar memberikan perdamaian dan hidup berdampingan di Afghanistan.

Berbicara kepada para peziarah dan turis di Lapangan Santo Petrus untuk pemberkatan mingguannya, Paus Fransiskus mengatakan, dia mengikuti peristiwa bom bunuh diri Kamis lalu di bandara Kabul, Afghanistan dengan “kekhawatiran besar”.

Dia juga mengatakan dia dekat dengan “mereka yang mencari bantuan dan perlindungan”, sebuah acuan yang jelas untuk mereka yang mencoba meninggalkan negara itu.

“Saya meminta semua untuk terus membantu mereka yang membutuhkan dan berdoa agar dialog dan solidaritas dapat membawa hidup berdampingan secara damai dan persaudaraan yang menawarkan harapan bagi masa depan negara itu,” katanya seperti dikutip Antara.

“Sebagai orang Kristen, situasi ini mengikat kita. Dan karena itu saya mengimbau semua orang untuk mengintensifkan doa dan melaksanakan puasa, doa dan puasa, doa dan penyesalan. Sekarang saatnya untuk melakukannya.”

Serangan bom bunuh diri pada Kamis lalu menewaskan puluhan warga Afghanistan dan 13 tentara Amerika di luar gerbang bandara, tempat ribuan orang berkumpul untuk mencoba melarikan diri sejak Taliban kembali berkuasa.

Ada sangat sedikit orang Kristen di Afghanistan, dan hampir semuanya orang asing di kedutaan atau pekerja bantuan.(ant/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs