Kamis, 18 April 2024

Pedonor Plasma Konvalesen Sedikit, Wapres Minta Kepala Daerah Gencar Sosialisasi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Maruf Amin Wapres saat pidato di acara Pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen. Foto : Youtube PMI TV

Maruf Amin Wakil Presiden melihat angka distribusi plasma konvalesen di Indonesia masih sedikit dibanding jumlah penyintas Covid-19.

Padahal, kata Wapres, para penyintas Covid-19 itu mempunyai potensi untuk menjadi pedonor plasma konvalesen.

“Disebutkan total distribusi plasma konvalesen hingga 14 Januari 2021 sebanyak 7.680. Angka ini masih sangat kecil jika dibandingkan dengan perkiraan jumlah penyintas Covid-19 yang memiliki potensi untuk menjadi donor plasma konvalesen,” ujar Maruf Amin dalam acara Pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen yang dilakukan secara daring, Senin (18/1/2021).

Untuk itu, Maruf menegaskan perlunya upaya untuk meningkatkan partisipaai masyarakat, khususnya penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasmanya.

“Oleh karena itu dirasakan perlunya memperkuat upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya para penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasmanya sehingga pasien yang saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit memiliki peluang selamat lebih besar.” jelasnya.

“Mengingat plasma konvalesen tidak selamanya ada di tubuh penyintas Covid-19 tapi hanya sekitar tujuh bulan pasca kesembuhan dengan periode donor plasma adalah 14 hari, maka diperlukan strategi yang tepat untuk pelaksanaan donor konvalesen tersedianya dukungan sistem data yang terintegrasi antara rumah sakit dan PMI untuk mengetahui data penyintas Covid-19 potensi calon donor dan penambahan peralatan atau mesin untuk pengolahan darah,” imbuhnya.

Wapres berharap, gerakan bersama ini dapat menggugah empati dan motivasi para penyintas Covid-19 untuk bisa berkontribusi suka rela mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu pasien Covid-19 yang saat ini tengah dirawat di berbagai rumah sakit

“Hal ini sebagai wujud peduli kemanusiaan dalam membantu menyelamatkan nyawa manusia sehingga diharapkan mampu menekan angka kematian akibat Covid-19,” kata dia.

Dalam kondisi seperti sekarang ini, kata Maruf, solidaritas yang tinggi sangat diperlukan di masyarakat. Untuk itu dia mengajak masyarakat saling bahu membahu dan tolong menolong sesama, sesuai dengan kemampuan masing-masing.

“Khusus bagi para penyintas Covid-19 marilah kita bersama-sama mensyukuri nikmat kesembuhan dan kesehatan yang dianugrahkan Allah Subhanahuwata’ala dengan menyatukan tekad dan langkah untuk membantu menyelamatkan sesama melalui donor plasa konvalesen,” kata Maruf

“Setetes darah anda, satu juta harapan untuk mereka,” tegas Maruf.

Wapres juga menghimbau kepada pihak-pihak terkait untuk mendukung pelaksanaan donor plasma konvalesen.

“Kepada para gubernur, bupati, walikota untuk berperan aktif dalam sosialisasi kepada kabupaten kota sehingga pencanangan gerakan nasional ini dapat sesuai tujuan dan bersama Palang Merah Indonesia menyediakan fasilitas yang diperlukan agar gerakan ini dapat berjalan dengan baik,” pungkas Wapres.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
26o
Kurs