Jumat, 21 Juni 2024

Pegagan Sampai Porang, Tanaman Tradisional Indonesia yang Jadi Bahan Produk Kecantikan

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Titis Indah Wahyu S.Farm.Apt. (dua dari kiri) sebagai pembicara di Medical Tourism diIndonesia, Senin(11/10/2021). Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

Sebagian besar produk kecantikan menggunakan berbagai bahan alami untuk masuk dalam komposisinya. Alasannya mudah, bahan alami dipercaya lebih aman dan juga berkhasiat untuk merawat dan memperbaiki kulit.

Titis Indah Wahyu S.Farm.Apt, Direktur PT Kosmetika Global Indonesia menjelaskan sejumlah tanaman Indonesia yang berkhasiat dan siap diolah jadi bahan kosmetik dengan konsep back to nature. Antara lain Tebu, Pegagan, Porang, hingga Jahe.

“Maraknya tren back to nature dimana kecantikan maupun pengobatan berbahan medis tradisional terus berkembang, tentunya semakin banyak inovasi dari bahan alam Indonesia, kami pun  menggandeng para petani lokal yang tersebar di beberapa daerah sebagai mitra,” kata Titis di acara Medical Tourism Indonesia, di Grand City Surabaya, Senin (11/10/2021).

Titis mengatakan, melalui tim research  development, diketahui bahwa beberapa tanaman itu punya khasiat ampuh sebagai bahan kosmetik.

Tebu (Sugar Cane) misalnya, bila selama ini dikenal sebagai bahan baku gula, ternyata berkhasiat mengatasi jerawat karena kemampuannya mendorong pengelupasan sel kulit mati, sehingga mencegah adanya penyumbatan pada pori-pori wajah.

Porang (Amorphophallus mueller) bisa membantu menghilangkan jerawat pada kulit wajah, sekaligus sebagai anti-inflamasiada kulit, yakni mengatasi peradangan pada kulit.

Jahe  (Zingiber officinale) memiliki kandungan antiseptik dan antioksidan yang berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus membersihkan kulit sekaligus membantu tubuh mengeluarkan racun.

Tanaman Pegagan (Cantella Asiatica) juga berkhasiat meregenerasi kulit sekaligus memperbaiki kerusakan kulit, karena mengandung berbagai zat aktif, salah satunya asiaticosida.

“Tim riset kami terus berinovasi untuk melakukan riset terhadap bahan-bahan alami dari Indonesia sebagai bahan dasar kosmetik, spa (essential oil) maupun medis tradisional. Sehingga dari sana kami bisa terus berkontribusi untuk perkembangan petani lokal sekaligus mendukung perekonomian Indonesia secara nyata,” kata Titis. (man/den)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 21 Juni 2024
29o
Kurs