Sabtu, 20 April 2024

Pemerintah Pusat Mensinyalir Ada 41 Juta Vaksin Covid-19 di Daerah yang Belum Disuntikkan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Prajurit Yonif Marinir lakukan serbuan vaksin di atas perahu warga nelayan. Foto: Dispen Kormar

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi menegaskan, pemerintah terus berupaya meningkatkan jumlah penerima vaksin Covid-19 di seluruh wilayah Tanah Air.

Tapi, Luhut menyayangkan respon sejumlah pemerintah daerah yang masih belum optimal melaksanakan program vaksinasi.

Indikatornya, banyak vaksin Covid-19 yang belum disuntikkan kepada orang-orang yang berhak. Padahal, keinginan masyarakat untuk mendapatkan suntikan vaksin sangat tinggi.

“Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, vaksin di daerah provinsi dan kabupaten/kota yang belum disuntikkan ada sebanyak 41 jutaan dosis,” ujarnya dalam keterangan pers virtual, Senin (13/9/2021) malam, di Jakarta.

Supaya vaksin-vaksin yang ada di daerah segera terpakai, Luhut bilang pemerintah pusat menambahkan kriteria capaian vaksinasi sebagai syarat penurunan jenjang/level PPKM di kabupaten/kota.

Sebelumnya, Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Kementerian Kesehatan urusan Vaksinasi Covid-19 mengungkapkan, per hari Senin (13/9/2021), Indonesia terhitung sudah menerima 240 jutaan dosis vaksin berbagai merek, berbentuk siap suntik dan juga bahan baku.

Terkait distribusi vaksin, data dari PT Bio Farma per 12 September 2021, sudah lebih dari 154 juta dosis yang terdistribusi ke berbagai daerah di Indonesia.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs