Selasa, 15 Juni 2021

Pemerintah Targetkan 19 Ribu Orang di Kota Yogyakarta Mendapat Vaksin Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden meninjau pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 di Kota Yogyakarta, Senin (1/3/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, siang hari ini, Senin (1/3/2021), meninjau jalannya proses vaksinasi massal di Pasar Beringharjo dan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Kota Yogyakarta.

Vaksinasi massal di Yogyakarta kali ini, diberikan untuk masyarakat sektor informal mulai tanggal 1 sampai 6 Maret 2021, dengan target 19.897 orang.

Cakupannya antara lain para pedagang di Pasar Beringharjo, pedagang kaki lima, pegawai toko, pengayuh becak, kusir andong di Kawasan Tugu dan Malioboro, serta para pelaku usaha jasa pariwisata.

“Hari ini saya berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya di Kota Yogya. Saya tadi melihat proses vaksinasi yang dilakukan untuk para pedagang di Pasar Beringharjo berjalan lancar, juga untuk para pedagang kaki lima, para pelaku usaha, kemudian penjaga toko, serta karyawan di usaha-usaha yang ada di Jalan Malioboro sampai alun-alun juga proses vaksinasinya berjalan dengan lancar dan baik,” ujar Presiden selepas peninjauan vaksinasi di Museum Benteng Vredeburg.

Penyelenggaraan vaksinasi massal di Yogyakarta akan dipusatkan di tiga lokasi, yaitu Pasar Beringharjo, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, dan Taman Parkir Abubakar Ali.

“Semoga program vaksinasi bisa segera diselesaikan sehingga ekonomi bisa pulih dan bangkit kembali, kemudian pariwisata di Yogyakarta bisa bergeliat kembali, dan menumbuhkan ekonomi khususnya Kota Yogya,” tegasnya.

Sekadar informasi, Kementerian Kesehatan sudah menyusun empat tahap pelaksanaan program vaksinasi Covid-19, dengan target 181 juta orang di seluruh Indonesia.

Tahap pertama dan tahap kedua dijadwalkan mulai Januari sampai April 2021. Sedangkan tahap ketiga dan tahap keempat akan dilaksanakan mulai April 2021 sampai Maret 2022.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap pertama adalah tenaga kesehatan, tenaga medis, tenaga penunjang serta mahasiswa kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Kemudian, sasaran tahap kedua adalah petugas pelayanan publik TNI-Polri, aparat penegak hukum, dan petugas pelayanan publik di bandara, pelabuhan, stasiun atau terminal.

Lalu, para pekerja bidang perbankan, guru dan tenaga pendidik, wartawan, petugas layanan masyarakat lainnya, serta kelompok masyarakat berusia 60 tahun ke atas.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap ketiga, masyarakat kelompok rentan tertular dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Vaksinasi tahap keempat, targetnya masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster, sesuai ketersediaan vaksin.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran di Tanjungsari

Kemacetan di Tol Waru arah Dupak

Gerhana Bulan Total di Waru

Surabaya
Selasa, 15 Juni 2021
26o
Kurs