Kamis, 28 Maret 2024

Pemkot Surabaya Terima Bantuan Peminjaman Gedung Isoman dari Yayasan SPS

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Gedung yang akan dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 merupakan gedung SMK Kristen Harapan Sejati yang terletak di Jl. Puncak Sambisari III No.6-9, Lontar. Foto : Humas Pemkot

Berbagai elemen masyarakat tanpa henti memberikan dukungan dan bantuan kepada Pemerintah Kota  Surabaya. Pemkot menerima bantuan dari Yayasan Sumber Pengayoman Sejati (SPS) dan PT Surabaya Mekabox (SMB), Jum’at (23/7/2021).

Yayasan SPS memberikan bantuan berupa peminjaman gedung untuk isolasi mandiri (isoman) pasien Covid-19. Sedangkan, PT SMB, memberikan bantuan berupa 500 buah disposable covid bed.

Gedung yang akan dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 itu merupakan gedung SMK Kristen Harapan Sejati yang terletak di Jl. Puncak Sambisari III No.6-9, Lontar, Kecamatan Sambikerep. Gedung bertingkat lima tersebut, dapat menampung 105 pasien isoman. Terdapat dua lantai gedung yang dipersiapkan untuk ruang isoman yakni, lantai tiga dan lantai lima.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan SPS dan PT SMB yang secara sukarela memberikan bantuan untuk membantu Pemkot Surabaya menangani pandemi Covid-19.

Menurutnya, ini merupakan bukti bahwa gerakan Surabaya Memanggil tidak hanya memberikan donasi berupa uang, alat kesehatan, kebutuhan pokok, maupun tenaga, tapi juga berupa gedung yang dapat dipakai untuk isoman.

“Saya matur nuwun (terima kasih) kepada warga Surabaya. Rumah sehat harus kita bentuk untuk menjaga kelurahan kita masing-masing. Ini saya katakan Surabaya Memanggil bukan hanya donasi uang, bukan hanya tenaga, tapi sampai ada yang memberikan gedungnya untuk dipakai,” ujar Eri.

Eri mengatakan, bantuan dari berbagai elemen masyarakat Surabaya merupakan bukti toleransi di Kota Surabaya. Masyarakat Surabaya sudah tidak lagi melihat agama, tidak melihat ras, tidak lagi melihat perbedaan suku. Namun, bersama-sama untuk menyelesaikan masalah pandemi Covid-19.

“Bayangkan di Surabaya sudah tidak lagi melihat agama, tidak lagi melihat ras, tidak lagi melihat suku. Semua berjibaku untuk menyelesaikan masalah Covid-19 di Kota Surabaya,” katanya.

Daya Tampung 100 Pasien Isoman 

Sementara itu, Ferdhie Ardiansyah Camat Sambikerep menjelaskan, gedung SMK Kristen Harapan Sejati milik Yayasan SPS dapat menampung hingga 100 pasien isoman dengan gejala ringan. Setidaknya ada dua lantai yang akan digunakan untuk isoman. Rinciannya, lantai tiga dapat menampung 54 pasien dan lantai lima dapat menampung hingga 51 pasien.

“Kita pisahkan antara pasien pria dan wanita. Pasien pria di lantai lima, sementara pasien wanita di lantai tiga. Ruangan di lantai tiga itu berupa enam kelas, satu ruangan bisa menampung sembilan orang. Sementara untuk lantai lima itu bentuknya hall,” jelas Ferdhie.

Pada kesempatan yang sama, Ir. Monica Suryani Ketua Yayasan SPS bidang pendidikan, mengungkapkan, pihaknya merasa bangga karena dapat berpartisipasi dan ikut ambil bagian membantu Pemkot Surabaya menangani pandemi Covid-19 di Kota Pahlawan. Hal ini sesuai dengan keinginan pendiri Yayasan SPS.

“Kami senang bisa dapat berpartisipasi dan ikut ambil bagian. Kita akan menyerahkan gedung SMK ini sebagai tempat isoman. Dengan harapan yang besar supaya kita semua bisa bergandeng tangan memutus rantai penularan Covid-19,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan, David Alexander Mill Head PT SMB menyatakan, bahwa pihaknya ingin membantu masyarakat Surabaya melalui bantuan 500 buah disposable covid bed. Rencananya, sekitar 100 buah akan digunakan di gedung isoman milik Yayasan SPS, sementara sisanya diserahkan ke Pemkot Surabaya untuk digunakan di tempat-tempat isoman lainnya. Menurutnya, tempat tidur ini sangat efisien karena dapat dibongkar pasang dengan mudah.

“Tempat tidur ini juga bisa untuk isoman. Terbuat dari kertas/karton/kardus sehingga ramah lingkungan. Tempat tidur yang rusak bisa kita daur ulang kembali untuk menjadi tempat tidur yang bagus,” pungkasnya. (man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs