Jumat, 26 April 2024

Penanganan Jalan Tol Ruas Surabaya-Gempol dalam Tahap Perkuatan Tanah Timbunan

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Proses emasangan bronjong keenam dan geotextile non woven lapis ketiga sebagai perkuatan tanah timbunan di KM 06+200 jalur A (segmen Dupak-Waru) Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol, Rabu (3/2/2021). Foto: Humas Jasa Marga

Subakti Syukur Direktur Utama PT Jasa Marga didampingi oleh Arsal Ismail Direktur Pengembangan Usaha dan Johannes Mancelly Enginering Planning Group Head mengunjungi lokasi longsor pada KM 06+200 (Arah Gempol) Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol, Rabu (3/2/2021) untuk melakukan pengecekan langsung progres pekerjaan penanganan longsor.

Sampai dengan saat ini telah dilakukan pemasangan bronjong keenam dan geotextile non woven lapis ketiga sebagai perkuatan tanah timbunan.

Seperti yang diinfokan sebelumnya, telah terjadi penurunan tanah pada bahu luar dan lajur lambat (L1) di KM 06+200 jalur A (segmen Dupak-Waru) Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol pada hari Senin (25/1/2021) lalu. Diperkirakan, longsoran tanah disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi, sehingga menimbulkan jenuh air di bawah timbunan pada bahu luar dan lajur 1 lalu terjadi longsor susulan pada lokasi yang ditangani pada Selasa (26/1/2021).

Setelah penimbunan sirtu dijadwalkan akan dilakukan tahapan pekerjaan selanjutnya yaitu pengurugan agregat pilihan.

Selama pelaksanaan pekerjaan, kendaraan bus dan truk diarahkan ke lajur paling kanan, sedangkan kendaraan kecil di lajur sebelah kirinya. Untuk membantu pemilahan kendaraan, selama 24 jam petugas melakukan kanalisasi dan pemilahan di sekitar 800 meter sebelum lokasi longsoran.

“Kami mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol, tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan,” kata Hendri Taufik General Manager Representative Office 3 berdasarkan keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Rabu malam.(tin/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs