Jumat, 29 Maret 2024

Percepat Herd Immunity dan Jelang PTM, Untag Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Mahasiswa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur saat hadir di gelaran vaksinasi Untag Surabaya, Selasa (14/9/2021). Foto: Humas Untag

Jelang pembelajaran tatap muka (PTM), BEM Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya menggelar vaksinasi Covid-19 untuk mahasiswa.

Sebanyak 500 dosis vaksin Sinovac disiapkan dalam kegiatan yang digelar Selasa (14/9/2021) ini.

Kegiatan digelar dengan mematuhi protokol kesehatan. Untuk menghindari kerumunan, peserta vaksinasi melakukan validasi data dan mengambil nomor antrean di Gedung Graha Widya. Sedangkan Gedung Graha Wiyata lantai 1 menjadi lokasi vaksinasi.

“Aksi vaksinasi ini menjadi program kami dalam mendukung upaya pemerintah melawan pandemi agar herd immunity segera tercapai,” ujar Mahmud, Presiden BEM Untag.

Senada dengan itu, Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA., Rektor Untag mengatakan bahwa sesudah menggelar program vaksinasi untuk tendik (tenaga pendidik) dan karyawan, aksi vaksinasi kali ini ditujukan kepada mahasiswa.

Hal ini sebagai proses persiapan menuju Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di kampus. Untag Surabaya juga tengah merencanakan beberapa tahap pelaksanaan PTM terbatas.

“Rencananya bulan ini di minggu ke empat akan ada pembelajaran luring untuk kelas Internasional di Untag Surabaya yaitu Prodi Manajemen, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur dan Teknik Informatika, karena jumlahnya relatif tidak banyak,” terang Prof. Nugroho, Selasa (14/9/2021).

Selanjutnya menyusul PTM untuk perkuliahan praktikum dan laboratorium.

Mahasiswa baru Untag angkatan 2020 dan 2021 juga akan diprioritaskan dalam pelaksanaan PTM, dengan syarat sudah divaksinasi.

“Sekarang ini kami sedang proses untuk izin kepada orang tua wali mahasiswa bisa kuliah luring untuk mahasiswa semester 1 dan 3 yang belum pernah ke kampus. Ketika sudah diijinkan maka sudah bisa luring,” jelas Prof. Nugroho.

Lebih lanjut Prof. Nugroho menyampaikan bahwa pihaknya meminta Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim untuk diberikan fasilitas vaksin untuk menyiapkan mahasiswa semester 1 dan 3 yang awal November nanti rencananya akan luring. Ternyata rencana ini disambut baik oleh Khofifah, yang menyempatkan diri melihat pelaksanaan vaksinasi hari ini.

Sementara itu, melihat perkembangan level PPKM Jawa Timur yang semakin melandai, Khofifah menyebut ini merupakan hasil dari gotong royong, sinergitas dan kolaborasi dari berbagai sektor.

“Penguatan kualitas SDM terus kita jaga, salah satu pilarnya yaitu kampus. Maka vaksinasi di kampus menjadi bagian yang sangat penting,” pungkas Khofifah.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs