Sabtu, 20 April 2024

Tantangan Pandemi, Untag Surabaya Gunakan Perangkat Lunak untuk Pengenalan Kampus

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tim yang dipimpin Supangat mempersiapkan materi dan aplikasi untuk pelaksanaan PKKMB 2021/2022. Foto: Untag for suarasurabaya.net

Pandemi Covid-19 mengharuskan pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Untag Surabaya tahun akademik 2021-2022 secara virtual. Beberapa software digunakan agar pelaksanaannya tetap menyenangkan di situasi pandemi yang memang belum selesai.

Supangat Koordinator Tim Teknologi Informasi Panitia PKKMB Untag Surabaya, mengaku optimis bahwa kegiatan PKKMB virtual yang berlangsung mulai Senin (30/8/2021) hingga Kamis (2/9/2021) dapat berjalan dengan lancar, dengan menggunakan beberapa aplikasi yang diharapkan bisa tetap membuat para mahasiswa baru tidak terkendala mengikuti kegiatan awal memasuki kampus.

“Seperti tahun sebelumnya, semua kebutuhan yang berhubungan dengan teknis dan Teknologi Informasi sudah kami persiapkan jauh-jauh hari. Termasuk untuk kegiatan PKKMB virtual tahun ini. Persiapan seperti mengoptimalkan jaringan internet, meningkatkan bandwidth, menentukan software apa saja yang digunakan, sudah kami persiapkan. Apalagi saat ini masih pandemi Covid-19, daring tetap jadi pilihan bagi kegiatan dengan peserta banyak,” terang Supangat, Rabu (1/9/2021).

Tidak hanya itu, lebih lanjut Supangat juga menjelaskan terkait upaya pengoptimalan tools atau perangkat pendukung pelaksanaan kegiatan virtual yang digunakan. Menurut Supangat, ada beberapa software telah dipilih, dan dilakukan uji coba demi kelancaran pelaksanaan kegiatan PKKMB Untag Surabaya.

“Tidak hanya menggunakan Platform Zoom Meeting saja, kegiatan PKKMB kali ini juga menggunakan Vmix, software yang mampu melakukan live mixing dan switching supaya lebih optimal. Pandemi Covid-19 ini memang belum selesai dan kegiatan-kegiatan yang seharusnya dilakukan secara tatap muka, harus dihindari. Karena itu kami pilihkan sejumlah software agar pelaksanaan PKKMB tetap aman dan menyenangkan,” tambah Direktur Sistem Informasi YPTA Surabaya ini.

Pandemi Covid-19 memang membatasi ruang gerak demi penerapan protokol kesehatan. Terlebih saat ini aktivitas kuliah juga masih berlangsung dalam jaringan atau daring. Namun, upaya keras terus dilakukan tim IT Untag Surabaya agar pelaksanaan daring, pada perkuliahan, tidak menghalangi para mahasiswa baru untuk mengetahui seperti apa sudut, ruang serta fasilitas yang ada di Untag Surabaya saat melaksanakan virtual tour.

‘”Sesi virtual tour adalah bagian dari pelaksanaan PKKBM tahun akademik 2021/2022 yang juga telah dirancang sedemikian rupa, sehingga calon mahasiswa baru yang saat ini belum sempat berkunjung ke kampus Untag Surabaya memiliki gambaran seperti apa kampus yang akan mengantarkan masa depan mereka nanti,” pungkas Supangat.

Ke depan penggunaan software terbaik dan dibutuhkan dalam rangka pelaksanaan perkuliahan maupun hal-hal lain yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dengan mengundang peserta cukup banyak, kata Supangat masih akan terus dilakukan. “Pandemi Covid-19 belum selesai, sedangkan perkuliahan tetap harus jalan, maka tugas kami adalah terus membuat terobosan-terobosan agar perkuliahan di masa pandemi tetap berlangsung tanpa kendala meskipun tanpa tatap muka langsung,” tutup Supangat.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs