Kamis, 28 Maret 2024

Permintaan Terus Bertambah, Antrean Layanan Permintaan Plasma Konvalesen di PMI Surabaya Kian Panjang

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kegiatan donor di UDD PMI Surabaya, saat pelaksanaan Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni. Foto: Humas PMI Surabaya

PMI Surabaya mencatat setiap hari terjadi peningkatan plasma konvalesen. Akibatnya antrean kian panjang, padahal persediaan plasma konvalesen kosong.

“Setiap hari ada satu dua orang pendonor plasma konvalesen. Tetapi jumlahnya memang tidak banyak. Tentu saja perolehan plasma konvalesen akhirnya juga tidak banyak. Langsung didistribusikan dan habis. Setiap hari seperti itu, karena itu tidak ada stok plasma konvalesen di PMI Surabaya,” terang Triksi Hendria Kasi Humas PMI Surabaya, Rabu (16/6/2021).

Hari ini saja, lanjut Triksi, pihaknya telah mencatat sekitar 100 permintaan plasma konvalesen yang masuk ke PMI Surabaya. Padahal di hari sebelumnya, permintaan plasma konvalesen masih belum seluruhnya dapat terlayani. Antrean layanan jadi semakin panjang.

Selain memberikan layanan bagi permintaan plasma konvalesen dari warga Surabaya, PMI Surabaya juga membantu memberikan layanan bagi masyarakat di luar kota Surabaya. Tetapi dengan semakin minimnya jumlah pendonor plasma konvalesen, maka prioritas pemenuhan layanan dilakukan untuk warga Surabaya.

“Biasanya kalau stok penuh, dan permintaan dari Surabaya sudah mencukupi, kami ikut melayani permintaan dari luar Surabaya. Sekarang ini untuk keperluan permintaan dari Surabaya saja kami masih belum bisa memenuhi. Permintaan tterus bertambah sedangkan plasma konvalesen terus kosong kondisinya, ” tambah Triksi.

Karena itu, Triksi mengimbau pada masyarakat khususnya para penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasma konvalesen. Karena sangat dibutuhkan. “Semoga kosongnya stok plasma konvalesen ini tidak berkepanjangan. Karena sangat berdampak pada layanan permintaan,” pungkas Triksi.(tok/dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
28o
Kurs