Kamis, 25 April 2024

Stok Darah dan Plasma Konvalesen di PMI Surabaya Kosong

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kegiatan donor darah digelar selain untuk layanan permintaan masyarakat, juga menjaga stok ketersediaan di PMI Surabaya. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Stok darah dan stok plasma Konvalesen di PMI Surabaya, Senin (7/6/2021) malam kosong. Pendonor masih minim.

“Sejak siang stok terus menipis. Stok darah dan stok plasma konvalesen. Dan malam ini akhirnya stok kosong, untuk semua jenis darah, kosong. Demikian juga plasma Konvalesen kosong, ” terang Triksi Hendria Kasi Humas PMI Surabaya, Senin (7/6/2021).

Tercatat ada permintaan plasma konvalesen sekurangnya 45 permintaan, pada Senin (7/6/2021) siang di PMI Surabaya yang akhirnya belum bisa terpenuhi hingga malam ini. Stok kosong menjadi penyebab belum terpenuhi permintaan plasma konvalesen dari masyarakat.

Untuk satu permintaan, lanjut Triksi, dibutuhkan dua kantong plasma konvalesen. Sehingga dibutuhkan sekurangnya 90 kantong plasma konvalesen. Sedangkan sampai malam ini, stok plasma konvalesen di PMI Surabaya masih belum ada.

“Tentunya kosongnya stok persediaan plasma konvalesen berdampak pada layanan permintaan masyarakat. Karena itu, kami berharap masyarakat khususnya penyintas segera mendonorkan plasma konvalesen,” kata Triksi.

PMI Surabaya menghimbau masyarakat pendonor darah dan penyintas Covid-19 yang akan melakukan vaksinasi agar terlebih dahulu melakukan donor darah dalam rangka membantu stok persediaan darah dan plasma konvalesen di PMI Surabaya.

“Karena itu, kami menghimbau pada masyarakat pendonor dan penyintas Covid-19 yang akan vaksinasi untuk terlebih dahulu donor. Stok darah dan plasma konvalesen masih dibutuhkan masyarakat, ” pungkas Triksi. (tok/iss)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs