Kamis, 25 April 2024

Persiapan Vaksinasi Pertama Jawa Timur di Gedung Grahadi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Distribusi vaksin dari Provinsi Jatim ke Kota Surabaya, Rabu (13/1/2021) siang. Foto: Anton suarasurabaya.net

Dokter Pesta Manurung Kepala Humas RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan, pagi ini, Kamis (14/1/2021) di Gedung Grahadi sedang dilakukan persiapan akhir pelaksanaan vaksinasi pertama di Jawa Timur.

Sejumlah persiapan di antaranya penataan meja dan kursi sekaligus petugas vaksinator. Termasuk menyiapkan ICU mini sebagai antisipasi pascavaksinasi.

“Mudah-mudahan tidak ada masalah, karena mereka sudah seleksi melalui online dan ada seleksi lagi di meja 1, 2, 3 dan 4,” kata dokter Pesta kepada Radio Suara Surabaya.

Sedangkan untuk alur vaksinasi, dia menjelaskan, sama seperti yang dilaksanakan di Istana Kepresidenan kemarin. Di mana meja 1 disiapkan untuk pendaftaran, pemeriksaan kesehatan ulang dilakukan di meja 2. Meja 3 untuk proses penyuntikan vaksin dan meja 4 akan ada petugas yang mencatat dan menyampaikan sudah diinjeksi.

“Kemudian masuk ke ruangan tunggu untuk evaluasi oleh intensifis kami selama 30-40 menit. Baru bila tidak ada permasalahan, penerima vaksin boleh berkegiatan seperti semula,” jelasnya.

Berdasarkan pengamatannya di Gedung Grahadi, ada dua blok kursi, salah satunya diperuntukkan untuk para Forkopimda, yang direncanakan akan menjadi golongan pertama penerima vaksin di Jawa Timur. Sedangkan blok kursi lainnya, untuk orang-orang pilihan.

Sekadar diketahui, vaksinasi tahap pertama di Jatim direncanakan akan berlangsung di RSU Dr Soetomo Surabaya. Namun karena beberapa hal, sesuai dengan arahan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, lokasi vaksinasi dipindah ke Gedung Grahadi. 

Salah satu pertimbangannya, kata Heru Sekdaprov Jatim kemarin, supaya proses vaksinasi pertama di Jatim ini bisa dilihat secara langsung oleh masyarakat.(dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs