Jumat, 29 Maret 2024

Vaksinasi Nakes di Surabaya Ditarget Selesai Tiga Minggu

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Distribusi vaksin dari Provinsi Jatim ke Kota Surabaya, Rabu (13/1/2021) siang. Foto: Anton suarasurabaya.net

Tahap pertama vaksinasi Covid-19 di Surabaya akan memprioritaskan tenaga kesehatan (Nakes). Pemkot menargetkan, nantinya vaksinasi nakes dapat rampung dalam tiga minggu.

Febria Rachmanita Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya bilang, vaksin 33.023 untuk nakes yang sudah terdaftar. Jumlah nakes itu sudah berdasarkan entry data yang dilakukan untuk menjadi calon penerima. Dinkes telah menghitung pola vaksinasi pada nakes.

“Jika sudah proses vaksinasi, ditargetkan, sebanyak 33.023 nakes dapat rampung dalam tiga minggu. Artinya, dalam seminggu proses suntik vaksin dapat dilakukan 10.000 vaksin,” kata Feny panggilan akrab Febria Rachmanita, Rabu (13/1/2021).

Feny mengatakan, untuk memantapkan kesiapan, Pemkot juga sudah menyiapkan petugas vaksinator. Khusus untuk petugas suntik saja, sebanyak 839 orang.

Sementara total petugas yang akan terlibat dalam proses vaksinasi mencapai ribuan orang. Sebanyak 109 fasilitas pelayanan kesehatan pun, baik Puskesmas maupun rumah sakit disebut sudah siap.

Pemkot di tahap awal ini mendapatkan jatah sebanyak 33.420 vaksin Covid-19. Proses awal vaksinasi akan dilakukan pada Jumat (15/1/2021) besok.

Saat ini, separuh dari jatah untuk Surabaya itu telah didistribusikan dan disimpan di Gudang Farmasi di kawasan Rungkut.

Pada Jumat pagi, para pejabat dari forkopimda bakal divaksin pertama kali di Balai Kota Surabaya. Baru setelah itu vaksinasi untuk nakes bakal dilakukan.

“Kemungkinan minggu depannya tergantung sms blast dari pusat,” terangnya. (bid/tin/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs