Sabtu, 27 April 2024

Polisi Minta Masyarakat Waspadai Aksi Kriminal di Bulan Ramadan

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
AKBP Herlina Kasat Binmas Polrestabes Surabaya mengatakan, menjelang hari raya kebutuhan ekonomi meningkat, dan akan menstimulus adanya kejahatan. Foto : Manda suarasurabaya.net

AKBP Herlina Kasat Binmas Polrestabes Surabaya mengatakan, berbagai kasus kriminalitas yang terjadi selama ini didasari kebutuhan ekonomi yang semakin mendesak. Apalagi situasi dan kondisi saat ini, di mana pandemi Covid-19 masih berlangsung.

“Potensi kejahatan di bulan Ramadan sebenarnya berbanding lurus dengan dinamika di masyarakat sekarang ini. Menjelang hari raya kebutuhan ekonomi meningkat, dan akan menstimulus adanya kejahatan,” kata Herlina kepada suarasurabaya.net, Kamis (23/4/2021).

Karena faktanya, menurut Herlina, hampir setiap tahun angka kriminalitas di bulan Ramadan dan Idulfitri menunjukan tren peningkatan.

“Dari catatan Polri ada empat jenis kejahatan yang perlu diwaspadai selama Ramadan dan Idulfitri. Yaitu pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), pencurian dengan kekerasan (Curas), serta pencurian dengan senjata api,” imbuhnya.

Pihaknya menambahkan, berdasarkan kegiatan Anev yang rutin dilakukan oleh Polrestabes Surabaya, ada beberapa tempat yang disinyalir menjadi tempat terjadi curanmor (pencurian kendaraan bermotor), salah satunya adalah warung kopi. “Sudah ngopi, asyik wifi-an, sepedanya tidak diparkir secara aman, akhirnya merespon kepada pelaku untuk melakukan kejahatan.”

Sementara itu ada beberapa perilaku masyarakat yang dapat mengundang tindak kejahatan. Ia mencontohkan, saat ada pasar ngabuburit, masyarakat cenderung abai memarkirkan kendaraannya. “Sepedanya diparkir di mana, orangnya di mana. Itu merespon pada pelaku adanya peluang kejahatan.”

Selain mengingatkan warga untuk selalu waspada, pihak kepolisian mengaku sudah menyiapkan langkah antisipasi, yaitu pemetaan wilayah rawan dan pengamanan secara terbuka dengan rutin mengadakan patroli. “Selama Ramadan kepolisian mulai menekan potensi kejahatan, dan kita sudah melakukan pemetaan wilayah yang menimbulkan kerawanan,” tegasnya.

Herlina mengatakan, jajarannya tidak segan untuk melakukan tindakan tegas bagi para pelaku kriminal tujuannya untuk menjaga situasi keamanan masyarakat tetap kondusif. (man/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs