Kamis, 2 Mei 2024

Polisi Tangkap Pemilik Warung di Bulak Banteng karena Melawan Petugas

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
polres-tangkap-pemilik-warung-di-bulak-banteng E pemilik warung di Bulak Banteng yang melawan petugas saat operasi yustisi ditangkap Polres Pelabuhan Tanjung /Perak, Minggu (11/7/2021). Foto: Istimewa

Polres Pelabuhan Tanjung Perak menangkap pemilik warung kopi giras di Jalan Bhineka Raya, Bulak Banteng, karena melawan petugas saat operasi yustisi PPKM Darurat Sabtu (10/7/2021) malam.

Pria berinisial E itu dijerat dengan Pasal 212 Kitab Hukum Undang-Undang Pidana (KUHP) sebagaimana sanksi yang diatur dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) 16/2021 tentang PPKM Darurat.

“Pelaku ini pemilik warung kopi giras yang melawan petugas saat operasi yustisi PPKM Darurat di lokasi kejadian,” ujar AKBP Ganis Setyaningrum Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Minggu (11/7/2021).

Ganis menyampaikan ini dalam konferensi pers di Markas Polres Pelabuhan Tanjung Perak dengan menghadirkan pelaku yang sudah diamankan.

Seperti diketahui, akibat perlawanan yang dilakukan oleh E pemilik warkop giras di Jalan Bhineka Raya itu, warga setempat berbondong-bondong melakukan perlawanan terhadap para petugas.

Video yang diambil oleh salah satu warga setempat viral setelah diunggah di media sosial disertai teks-teks yang menggambarkan kericuhan, termasuk umpatan-umpatan yang terlontar.

kaca-belakang-mobil-polisi-rusak-akibat-ricuh-di-bulak-banteng
Salah satu mobil polisi yang melakukan operasi yustisi mengalami kerusakan kaca belakang pecah akibat ricuh di Bulak Banteng Sabtu (10/7/2021) malam. Foto: Istimewa

“Kami masih menyelidiki lebih lanjut peran yang bersangkutan (pelaku), apakah dia juga berperan memprovokasi masyarakat atau ada pelaku lain. Termasuk para pelaku pengrusakan,” kata Ganis.

Semalam, peristiwa kericuhan itu bermula dari operasi yustisi yang dilakukan petugas gabungan dari kecamatan, Polsek Kenjeran, dan Koramil menyasar warung kopi milik E yang masih buka melebihi pukul 20.00 WIB.

Saat penindakan dilakukan, E melakukan penolakan dan perlawanan. Tidak lama setelahnya, sejumlah banyak masyarakat setempat berbondong-bondong dan berkerumun mendatangi petugas.

Di tengah peristiwa itu, ada sejumlah oknum yang melakukan perusakan terhadap salah satu mobil polisi yang sedang melakukan operasi yustisi terhadap warung kopi tersebut. Kaca belakang mobil polisi itu pecah.(tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs