Sabtu, 27 April 2024

Presiden: Polri Harus Ramah dan Sigap Layani Masyarakat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menyampaikan amanat dalam acara Hari Bhayangkara, Kamis (1/7/2021), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengatakan, Polri harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) untuk mengantisipasi berbagai bentuk ancaman kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Selain itu, Polri juga harus menggunakan kewenangannya secara bijak dan bertanggung jawab.

Pernyataan itu dia sampaikan, hari ini, Kamis (1/7/2021), seiring peringatan Hari Bhayangkara yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

“Polri juga harus berpacu menguasai Iptek agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan. Penggunaan kewenangan Polri harus juga didukung oleh perkembangan teknologi mutakhir,” ujarnya.

Karena Indonesia negara Pancasila, negara demokrasi, dan negara yang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia, Polri dituntut tampil tegas tanpa pandang bulu, sekaligus sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

“Polri juga harus berwajah ramah dan selalu bersifat melayani masyarakat luas. Polri harus presisi dalam menjalankan wewenangnya, harus akurat dalam membuat keputusan, harus merujuk pada peraturan perundang-undangan, dan harus menjunjung tinggi norma-norma martabat masyarakat,” lanjut Presiden.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara juga mengingatkan pengembangan SDM Polri harus diperhatikan secara serius dan transparan, sehingga karakternya dapat menyesuaikan tugas-tugas Polri dan menguasai perkembangan Iptek terbaru.

“Untuk memenuhi kebutuhan itu, pengembangan SDM Polri harus diperhatikan secara serius, rekrutmen, pendidikan, dan promosi harus dilakukan secara transparan, dan akuntabel,” ucapnya.

Selain itu, untuk menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks, Presiden meminta Polri membenahi dan memperkuat manajemen serta kelembagaannya dengan memanfaatkan iptek untuk mendukung Polri yang modern.

“Polri harus membenahi secara komprehensif kebijakan perencanaan, kebijakan pengorganisasian, kebijakan penganggaran, serta monitoring dan evaluasi. Dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini untuk mendukung Polri yang modern,” tandasnya.(rid/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
26o
Kurs