Jumat, 19 April 2024

Raihan Akreditasi Unggul, Dorong Prodi Lain STIE Perbanas Surabaya Makin Maju

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si., Ketua STIE Perbanas Surabaya menjelaskan program Magister Manajemen. Foto: Humas STIE Perbanas

Selain menjadi yang pertama kali di Jawa Timur, program studi (prodi) Magister Manejemen STIE Perbanas Surabaya yang meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), juga memberikan dorongan program studi lainnya meraih akreditasi A.

Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor 1078/SK/BAN-PT/Akred/M/II/2021, peringkat akreditasi unggul dicapai dengan nilai 365. Keputusan tersebut berlaku mulai 24 Februari 2021 sampai dengan 24 Februari 2026.

Prof. Dr. Tatik Suryani, Psi., M.M., Ketua Prodi Magister Manajemen, menyampaikan bahwa sistem akreditasi program studi (APS) 4.0 yang baru memiliki 9 kriteria atau standar penilaian. Hal itu berbeda dengan yang sebelumnya hanya memiliki 7 standar penilaian. Jadi, Prodi Magister Manajemen STIE Perbanas Surabaya harus menyesuaikan dengan yang baru.

“Pada awalnya mempersiapkan 7 kriteria, akan tetapi kami berusaha langsung menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku yaitu 9 kriteria. Demikian ini merupakan yang pertama kali karena tidak ada contoh apa saja yang diperlukan untuk 9 kriteria,” jelas Prof. Dr. Tatik Suryani, Psi., M.M.

Akreditasi yang diraih STIE Perebanas Surabaya, lanjut Tatik Suryani memerlukan perjalanan yang panjang. Saat itu, STIE Perbanas Surabaya tidak sempat dikunjungi termasuk sejumlah universitas yang lain harus menyesuaikan datanya dengan menambah 1 tahun data berikutnya.

“Oleh karena itu, kami harus meng-update data terbaru. Mulai tahun 2018, 2019 kami memasukkan data lalu tepat 20 Februari 2020 kami memasukkan borang dan setahun kemudian divisitasi. Karena pada saat ini masih dalam masa pandemi sehingga proses visitasinya dilakukan secara online yang dilakukan oleh 2 orang asesor,” papar Tatik Suryani,  Jumat (5/3/2021).

Program Studi Magister Manajemen STIE Perbanas Surabaya memiliki sejumlah bidang peminatan. Bidang peminatan itu, diantaranya: Manajemen Pemasaran, Manajemen Perbankan dan Keuangan (Syariah dan Konvensional), Manajemen Sumber Daya Manusia.

Sementara itu, Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si., Ketua STIE Perbanas Surabaya,menambahkan bahwa perolehan akreditasi unggul ini menjadi motivasi program studi lain yang juga sudah didominasi akreditasi A. Pihaknya pun mendorong semua prodi di STIE Perbanas Surabaya untuk mulai menaikkan menjadi unggul.

“Karena perguruan tinggi selalu mengembangkan kualitas yang terus menerus untuk institusinya sehingga setiap minggu kami selalu adakan pertemuan untuk melakukan pengembangan kualitas mutu pendidikan,” pungkas Yudi Sutarso Ketua STIE Perbanas Surabaya. (tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs