Sabtu, 20 April 2024

Risma Salurkan Bansos, Eri Cepat-Cepat Siapkan Tempat dan Transportasi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Koordinasi Risma Mensos dan Eri Wali Kota Surabaya saat pembagian bantuan di Pakis, Surabaya, Senin (27/12/2021). Foto: Istimewa

Kementerian Sosial segera menyalurkan bantuan tambahan untuk masyarakat Surabaya. Pemkot Surabaya pun gerak cepat menyiapkan tempat dan transportasi bagi penerima bantuan.

Sesuai dengan rencana, bantuan tambahan itu akan disalurkan kepada warga Surabaya yang masuk daftar penerima di Gelora Pancasila pada Selasa (28/12/2021) dan Rabu (29/12/2021).

Tri Rismaharini Menteri Sosial membenarkan, dia memang ingin bantuan tambahan itu segera tersalurkan dan sudah meminta Wali Kota Surabaya menyiapkan tempatnya.

“Akhir tahun ini harus terealisasi. Maka saya minta Pak Wali menyiapkan tempat agar bisa selesai dalam waktu dua hari ke depan,” ujar Risma saat meninjau penyaluran bantuan di Kelurahan Pakis, Surabaya, Senin (27/12/2021).

Mensos Risma menginginkan, warga penerima bantuan harus dipermudah agar bisa segera menerima bantuan dari pemerintah. Termasuk untuk mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

“Orang tidak mampu itu juga membutuhkan biaya transportasi dan itu juga berat bagi mereka. Jadi saya minta langsung transaksi manual (tatap muka),” kata Risma.

Demi mempercepat penyaluran itu, meskipun warga belum menerima KKS dan data warga itu belum tersinkronisasi dengan data dari Kemensos, Risma minta bank tetap mencairkan bantuan itu.

Kemensos, kata Risma, sudah melakukan penertiban data dan hasilnya, dia akui, memang cukup banyak nama usulan baru yang belum memiliki KKS.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengatakan, pihaknya akan bergerak cepat memfasilitasi warga untuk mendapatkan bansos yang telah disediakan Kemensos.

“Bu Risma sudah sangat perhatian ke warga kurang mampu di Surabaya, maka Pemkot akan bergerak cepat memudahkan warga dalam mendapatkan bantuan sesuai arahan Ibu Risma,” kata Eri.

Eri mengaku sudah mengambil sejumlah langkah untuk memfasilitasi penyaluran bansos tambahan dari Kemensos. Pertama, Pemkot Surabaya sudah menyediakan tempat penyaluran bantuan.

Dengan tempat bantuan yang terpusat, kata Eri, semua proses penyaluran dan administrasi bisa dilakukan secara langsung dan terintegrasi. Jika ada masalah, bisa langsung dicari solusinya.

“Besok (pembagian bantuan) akan saya letakkan di Gelora Pancasila. Bantuan dari Bu Menteri harus bisa langsung terasa manfaatnya. Maksimal hari Rabu sudah tersalurkan semua,” katanya.

Langkah kedua, kata Eri, Pemkot Surabaya akan memfasilitasi transportasi bagi warga penerima bantuan. Mereka akan dikumpulkan di kelurahan masing-masing berangkat bersama ke lokasi.

“Saya sudah instruksikan camat dan lurah agar memfasilitasi warga yang mau datang ke Gelora Pancasila. Bisa memakai mobil atau naik bus,” katanya.

Langkah ketiga yang diambil Eri adalah memfasilitasi semua proses sinkronisasi data penerima bantuan. Dia meminta timnya menyinkronkan data dengan segera.

“Pemkot bergerak sekuat tenaga agar proses verifikasi bisa berjalan cepat. Misalnya Himbara butuh bantuan untuk validasi, Pemkot siap mendukung penuh,” ujarnya.

Sementara itu, di Kelurahan Pakis, Eri Cahyadi tampak turun langsung membantu mempercepat pengelolaan data. Dia instruksikan masalah data segera dituntaskan.

“Itu lho Pak, datanya dilihat, itu langsung disambungkan,” ujar Eri kepada petugas Pemkot Surabaya.

Eri juga menelepon sejumlah camat untuk segera menyiapkan fasilitas transportasi yang memudahkan warga mengambil bantuan di tempat yang telah ditentukan berdasarkan undangan.

“Itu ada jamnya, nanti diatur biar tidak menumpuk dalam penyaluran bantuan besok di Gelora Pancasila,” ujarnya.(den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs