Senin, 27 Juni 2022

RS Lapangan Indrapura Kebanjiran Pekerja Migran Positif Covid-19

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Suasana di RS Lapangan Indrapura Surabaya, Selasa (4/5/2021). Ada 26 pekerja migran positif Covid-19 yang datang hari ini. Foto: Istimewa

Senin (3/5/2021) malam kemarin hanya ada delapan pekerja migran Indonesia (PMI) yang positif Covid-19 dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya. Hingga Selasa (4/5/2021) sore, jumlahnya naik empat kali lipat jadi 34 orang.

Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Penanggung Jawab RSLI mengatakan, pada Selasa sore telah datang sebanyak 26 orang PMI yang dinyatakan positif Covid-19.

Para pekerja migran itu sebelumnya telah menjalani karantina selama dua hari di Asrama Haji Surabaya sembari menunggu hasil tes PCR. Begitu hasilnya terkonfirmasi positif, mereka diboyong ke RSLI.

Nalendra merinci, 26 pekerja migran itu sebagian besar asal Madura. Baik Sampang, Pamekasan, Bangkalan, dan Sumenep. Lainnya berasal dari Jember, Probolinggo, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, dan satu orang dari Kendal, Jawa Tengah.

Mereka pulang ke Jawa Timur menjelang lebaran ini dari beragam negara di Asia Tenggara. Terbanyak dari Malaysia, kemudian dari Hongkong, dari Singapura, serta dari Brunei Darussalam.

“Yang masuk seminggu terakhir ini masih dari wilayah Asia Tenggara. Kalau dari Timur Tengah perkiraannya baru akan masuk seminggu ke depan,” kata Nalendra dihubungi Selasa sore.

Nalendra memastikan, para tenaga medis di RSLI Surabaya akan memberikan pelayanan khusus terhadap para pekerja migran dengan monitoring kondisi kesehatan sejak masuk, selama perawatan, sampai pulang dari RSLI.

Masuknya puluhan PMI terkonfirmasi positif Covid-19 itu menjadi perhatian khusus para tenaga medis di RSLI. Sebab, para pasien ini berpotensi menularkan virus varian baru penyebab Covid-19.

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan telah mengonfirmasi masuknya virus SARS-Cov-2 mutasi baru dari India, Inggris, dan yang terbaru dari Afrika Selatan, di sejumlah daerah di Indonesia.

Sebelumnya diberitakan, RSLI Indrapura sudah menyiapkan ruangan khusus untuk memisahkan para pekerja migran ini dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 lainnya.(den/frh/dfn)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 27 Juni 2022
27o
Kurs