Selasa, 30 November 2021

Rumah Isolasi Pasien Covid-19 di Kota Malang Kembali Dioperasikan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Fasilitas rumah isolasi di kompleks Badan Pendidikan dan Pelatihan Malang di Jalan Kawi, Kota Malang, Jawa Timur. Foto: Humas Pemkot Malang

Pemerintah Kota Malang mengoperasikan kembali rumah isolasi pasien Covid-19 di Jalan Kawi karena kasus infeksi virus corona di wilayahnya meningkat lagi.

Safe house (rumah isolasi) sudah mulai beroperasi. Saat ini kapasitas 60 tempat tidur terlebih dahulu, nanti akan ditambah menjadi 110 tempat tidur,” kata Sutiaji Wali Kota Malang di Kota Malang, Senin (28/6/2021).

Menurut Sutiaji, sebanyak 29 dari 60 tempat tidur yang tersedia di fasilitas karantina tersebut sudah dipesan untuk digunakan oleh penderita Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala.

“Yang antre sudah ada sebanyak 29 pasien. Oleh karena itu, saya minta kapasitas terus ditambah sampai 110 tempat tidur,” katanya seperti dilaporkan Antara.

Masa penggunaan fasilitas isolasi di kompleks Badan Pendidikan dan Pelatihan Malang sebenarnya berakhir pada Juni 2021. Menurut Sutiaji, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah menyetujui perpanjangan penggunaannya.

Rumah isolasi tersebut, dia mengatakan, akan terus digunakan sampai kasus penularan Covid-19 mereda di wilayah Kota Malang.

“Ini akan dipergunakan sampai Covid-19 mereda,” katanya.

Selain mengaktifkan fasilitas isolasi, Pemerintah Kota Malang mengoptimalkan fungsi rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 termasuk Rumah Sakit Lapangan Idjen Boulevard, yang menangani pasien tanpa gejala serta pasien dengan gejala ringan hingga sedang.

Rumah Sakit Lapangan Idjen Boulevard memiliki 316 tempat tidur pasien dan 284 di antaranya sudah terisi.

Di Kota Malang, hingga saat ini secara keseluruhan ada 7.014 orang yang dikonfirmasi tertular Covid-19 dengan jumlah penderita yang sudah sembuh tercatat 6.189 orang dan jumlah pasien yang meninggal dunia 659 orang.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 30 November 2021
28o
Kurs