Rabu, 21 April 2021

Satgas Umumkan E484K Varian Baru Covid-19

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19. Foto: Biro Pers Setpres

Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengumumkan adanya varian baru Covid-19 yakni E484K. Varian baru ini merupakan mutasi dari varian B117 yang berasal dari Inggris.

“Hendaknya diperhatikan adalah terkait ditemukannya varian Covid-19 bernama E484K yang merupakan mutasi dari varian B117 yang berasal dari Inggris,” ujar Wiku dalam keterangan persnya, Kamis (8/4/2021).

Kata Wiku, mutasi E484K yang terjadi pada protein spike adalah mutasi yang sama seperti ditemukan pada varian Afrika Selatan dan Brasil serta dinilai lebih menular. Tetapi, masyarakat tidak perlu panik, dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Meski demikian saya harapkan masyarakat tidak panik tapi hendaknya semakin disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas mengingat disiplin ini adalah pertahanan utama kita dalam mencegah penularan virus Covid-19,” tegasnya.

Terkait dengan mutasi virus, menurut Wiku, pemerintah juga terus meningkatkan Surveilans Whole Genom Sequencing untuk memetakan varian Covid-19 yang masuk ke Indonesia, serta memperketat proses screening pada saat warga negara asing dan warga negara Indonesia yang masuk dari luar negeri ke Indonesia.(faz/tin/bid)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Rabu, 21 April 2021
25o
Kurs