Sabtu, 20 April 2024

Satu Kasus Covid-19 Ditemukan, Dua Juta Warga Australia Diisolasi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Scott Morrison Perdana Menteri Australia. Foto: Getty Images

Sekitar dua juta warga Australia memulai hari pertama mereka dari penguncian virus corona yang ketat pada hari Senin setelah penemuan satu kasus di masyarakat setempat di Perth, ibu kota negara bagian Australia Barat, tetapi tidak ada kasus baru sejak ditemukan.

Pihak berwenang memerintahkan penguncian selama lima hari di Perth setelah seorang penjaga keamanan di sebuah hotel yang digunakan untuk mengkarantina orang-orang yang kembali dari luar negeri ditemukan tertular virus.

Pemerintah negara bagian mengatakan 66 orang melakukan kontak dekat dari penjaga yang tidak dikenal itu dan tidak ada dari mereka yang telah diuji terinfeksi.

“Total 13 kontak dekat sekarang telah dinyatakan negatif dan dari 11 kontak berisiko tinggi itu telah dipindahkan ke karantina hotel sebagai tindakan pencegahan,” kata Mark McGowan pemimpin negara bagian Australia Barat seperti dilaporkan Antara.

Tes pada kontak dekat lainnya diharapkan akan selesai pada hari Senin, kata McGowan.

Australia telah berhasil menahan sebagian besar epidemi Covid-19 – membatasi kasus hingga hampir 29.000 dan kematian hingga 909 – dengan jenis tindakan tegas yang terlihat di Perth, dan kontrol perbatasan yang ketat.

Kampanye vaksin akan dimulai bulan ini, yang menurut Scott Morrison Perdana Menteri Australia akan menelan biaya setidaknya 6,3 miliar dolar Australia atau Rp67,2 triliun.

Australia telah berjanji untuk membelanjakan 4,4 miliar dolar Australia atau Rp46,9 triliun.

Tetapi Morrison mengatakan pemerintahnya telah menyisihkan 1,9 miliar dolar Australia atau sekitar Rp20,2 triliun lagi untuk membayar peluncuran vaksin Covid-19.

“Strategi ini didukung oleh alokasi awal sekitar 1,9 miliar dolar Australia atau sekitar Rp20,2 triliun dalam dukungan baru untuk peluncuran vaksin. Ini di atas lebih dari 4,4 miliar dolar Australia atau Rp46,9 triliun yang dialokasikan untuk pembelian vaksin,” kata Morrison dalam pidatonya di Canberra.

Mengklasifikasikan program inokulasi sebagai “prioritas pertama”, Morrison mengatakan ekonomi sekarang harus mulai melepaskan diri dari pengeluaran pemerintah.

Australia telah menjanjikan lebih dari 250 miliar dolar Australia atau sekitar Rp2.665 triliun dalam bentuk stimulus, yang sudah mulai berkurang.

Tetapi Morrison mengatakan ada batasan untuk dukungan yang bisa diberikan pemerintah.

“Kami tidak menjalankan anggaran cek kosong,” kata Morrison.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs