Selasa, 7 Desember 2021

Sejumlah Bangunan di Lumajang Hingga Blitar Rusak Akibat Gempa Malang

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Sebuah rumah di Desa Pakel, Kec. Selopuro, Kab. Blitar rusak akibat gempa 6,7 SR yang berpusat di Kabupaten Malang, Sabtu (10/4/2021). Foto: Twitter/@AlwiMuhibbuddin

Gempa bumi yang berpusat di dekat Kabupaten Malang, Sabtu (10/4/2021) siang pukul 14.00 WIB, menyebabkan sejumlah bangunan di berbagai daerah rusak. Sejumlah daerah yang terdampak antara lain Kota Batu, Lumajang, hingga Blitar.

Dari data yang dihimpun suarasurabaya.net, beberapa warganet melaporkan terlihat bangunan seperti RSUD Mardi Waluyo, Blitar, rusak akibat gempa. Plafon, genteng dan tembok hancur dihantam getaran bermagnitudo 6,7. Tembok beserta tembok rumah dan masjid pun juga ikut hancur.

Warganet mengirimkan video berisi sebuah rumah roboh di Desa Ngadirejo, Blitar, akibat gempa ini. Daerah lainnya seperti Kecamatan Selopuro dan Kesamben Blitar.

Beberapa supermarket di Blitar juga terlihat berserakan karena barang dagangan yang terjatuh akibat goyangan gempa selama beberapa menit.

Selain itu, gempa juga merusak bangunan yang ada di Lumajang. Seperti di daerah Pronojiwo, Pasirian, hingga Pasrujambe. Banyak rumah rusak hingga roboh.

BPBD Jawa Timur menyebutkan, selain beberapa daerah tersebut, Pasuruan juga menjadi daerah terdampak gempa.

“Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti,”

Namun belum diketahui detail berapa jumlah bangunan yang terdampak gempa kali ini.(tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 7 Desember 2021
26o
Kurs