Senin, 29 April 2024

Selasa Besok Vaksinasi Gelombang Kedua di Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Satu vial vaksin Covid-19 yang lebih besar, setara 10 dosis. Foto: Istimewa

Febriadhitya Prajatara Kabag Humas Pemkot Surabaya memastikan vaksinasi gelombang kedua digelar mulai besok Selasa (23/2/2021).

“Benar besok. Karena barusan sore ini tiba beberapa vaksin dari Provinsi Jatim,” ujar Febri dikonfirmasi suarasurabaya.net, Senin (22/2/2021).

Febri bilang, ukuran vial vaksin untuk gelombang kedua ini lebih besar daripada vial vaksin gelombang pertama. Ukurannya satu vial bisa untuk 10 sasaran.

Secara total kuota Surabaya mendapat 12.480 vial. Sehingga, bisa digunakan untuk 124.800 sasaran.

“Ternyata beda ukuran vialnya dengan yang kemarin, yang sekarang lebih besar. Kemarin 1 vial dosisnya untuk 1 orang, sekarang 1 vial dosisnya bisa untuk 10 orang. Insyaallah steril karena nanti jarum suntiknya ganti yang baru setiap ganti orang,” ujarnya.

Namun untuk percepatan, Pemkot Surabaya untuk tahap awal akan memberikan vaksinasi kepada sekitar 45 ribuan terlebih dahulu. Sebab, distribusi vaksin baru diterima 4.500 vial.

“Karena datangnya vaksin kan bertahap, 45 ribu kita akan selesaikan 26 ribuan untuk lansia. Sisanya 19 ribuan untuk pelayanan publik,” katanya.

Febri memastikan, sasaran vaksinasi gelombang kedua adalah dari petugas kepolisian dan kecamatan (Forpimka). Sementara untuk lansia dilakukan di Puskesmas secara bertahap.

“Untuk lansia jemput bola. Nanti puskesmas yang akan melakukan pemanggilan,” katanya. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs