Jumat, 26 April 2024

Sempat Dialihkan, Layanan 112 Surabaya Sudah Kembali Normal

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Sempat dialihkan, layanan 112 sudah kembali normal. Foto: Istimewa

Layanan panggilan darurat Command Center 112 Surabaya sudah dapat diakses kembali pada Kamis(2/12/2021) pukul 19.15 WIB. Sehingga masyarakat jika menemukan atau melihat kejadian darurat bisa langsung menghubungi 112.

Sebelumnya M Fikser Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya mengatakan jika mengalihkan sementara layanan Command Center (CC) 112. Ini dikarenakan dampak dari insiden kebakaran yang terjadi pada Gedung Pusat Data Cyber 1 di Jakarta Selatan, Kamis (2/12/2021) siang.

Sebagai informasi, layanan Command Center (CC) 112 se-Indonesia termasuk Kota Surabaya sempat terputus, insiden ini juga mengakibatkan terganggunya traffic internet.

“Akibatnya untuk layanan 112 se-Indonesia termasuk di Kota Surabaya tidak terkoneksi,” kata M. Fikser.

Meski demikian, Pemkot Surabaya mengimbau masyarakat agar tak perlu khawatir. Sebab, dialihkan sementara layanan 112 ke beberapa kanal media sosial milik pemkot dan nomor telepon Posko Command Center.

Untuk diketahui kebakaran di Gedung Pusat Data Cyber 1, Jakarta Selatan tersebut bermula ketika percikan api muncul di dalam ruangan server lantai dua Gedung Cyber sekitar pukul 12.00 WIB.

Percikan api itu menimbulkan kepulan asap sehingga membuat panik karyawan yang ada di dalam gedung. Petugas datang ke lokasi sekitar pukul 12.41 WIB dan langsung melakukan pemadaman di lantai dua.

Petugas juga mengevakuasi tiga korban yang terjebak di lantai dua gedung. Satu korban berinisial SF meninggal di tempat, sedangkan MRK sempat tidak sadarkan diri.

Namun saat dilakukan perawatan di rumah sakit, nyawa MRK sudah tidak tertolong. Satu korban lagi dinyatakan selamat dan sampai saat ini masih dalam perawatan medis.(man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs