Jumat, 26 April 2024

Sepekan Setelah Divaksinasi Para Pejabat Tak Rasakan Efek Samping

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Vaksin Covid-19 yang disuntikkan dalam pencanangan vaksinasi di Surabaya hari ini, Jumat (15/1/2020). Foto: Anton suarasurabaya.net

Sejumlah pejabat publik di Provinsi Lampung mengaku tidak merasakan efek samping setelah sepekan mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Saya sehat dan baik-baik saja setelah mengikuti vaksinasi Covid-19 perdana beberapa hari lalu,” ujar Mars Dwi Tjahjo Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek, seperti dilaporkan Antara, Rabu (20/1/2021).

Ia mengatakan setelah pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada Kamis (14/1/2021), dirinya belum merasakan efek samping ataupun gejala pascaimunisasi.

“Tidak ada reaksi lokal ataupun sistemik yang dirasakan beberapa hari ini tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa, karena vaksin merupakan virus yang sudah dimatikan sehingga efek samping minimal dan tingkat keamanan cukup baik,” ucapnya.

Menurutnya, dirinya akan melaksanakan vaksinasi dosis kedua pada tanggal 28 Januari.

“Satu pekan lagi akan melaksanakan vaksinasi ulangan karena vaksin karakteristiknya double dosis. Vaksinasi merupakan upaya pemerintah untuk mengendalikan wabah, namun yang tetap harus dilakukan ialah patuh protokol kesehatan, dan jaga pola hidup sehat,” katanya.

Ia mengatakan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan akan membantu memutus mata rantai persebaran, sembari proses vaksinasi dilaksanakan.

Hal serupa juga dikatakan oleh Reihana Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

“Kita pantau terus yang sudah divaksinasi, serta tidak ditemukan ada reaksi lokal atau sistemik, saya pun tidak merasakan hal tersebut dan tetap melaksanakan aktivitas keseharian,” ucap Reihana.

Ia menjelaskan reaksi lokal yang biasa terjadi setelah vaksinasi ialah pegal dan bengkak pada area yang di vaksinasi, sedangkan reaksi sistemik ialah rasa lelah berlebih dan lemas.

“Meski sudah divaksinasi, protokol kesehatan wajib, dan jangan lupa berolah raga, kita berharap proses vaksinasi tahap pertama dapat dilakukan tanpa kendala,” katanya lagi.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs