Sabtu, 27 April 2024

BNPB Serahkan Bantuan kepada Korban Awan Panas Guguran Semeru di RSUD Pasirian

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Letjen TNI Suharyanto Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan kepada pasien yang terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12/2021). Foto: Istimewa

Letjen TNI Suharyanto Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan berupa perlengkapan keluarga, masker, makanan siap saji, lauk pauk, selimut dan dana dukungan awal kepada pasien yang terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12/2021).

Pemberian dukungan kepada para pasien tersebut merupakan wujud percepatan penanganan kejadian bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) sore. Hal itu sekaligus yang menjadi arahan Joko Widodo dalam Presiden penanggulangan bencana Gunung Semeru, bahwa keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama.

“Ini sedikit bantuan mohon diterima ya bapak dan ibu. Semoga dapat bermanfaat dan segera lekas sembuh,” kata Suharyanto kepada satu di antara keluarga pasien.

Baca Juga: BNPB Mencatat Ada 5200 Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Rincian bantuan yang diserahkan oleh Kepala BNPB kepada para pasien itu meliputi perlengkapan keluarga 20 unit, masker KF95 6000 lembar, makanan siap saji 10 paket, lauk pauk 10 paket, selimut 100 buah.

RSUD Pasirian telah menampung sedikitnya 16 pasien korban luka bakar akibat terkena dampak awan panas guguran Gunung Semeru. Sebanyak 6 orang mengalami luka bakar hingga 80 persen dan sudah mendapatkan perawatan yang intensif.

Baca Juga: BNPB akan Memberikan Dana Tunggu buat Warga yang Rumahnya Terdampak Erupsi Semeru

Turut mendampingi dalam penyerahan bantuan tersebut, Jarwansyah Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Harmensyah Plt. Deputi Bidang Logistik dan Peralatan dan pimpinan pihak RSUD Pasirian beserta seluruh jajaran.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs