Selasa, 30 November 2021

Stok Darah di PMI Surabaya Juga Menipis

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kegiatan donor darah menjadi bagian penting dari menjaga stok persediaan darah di PMI Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Sejak beberapa hari lalu, stok persediaan darah untuk semua golongan di PMI Surabaya mulai menipis. Ada kekhawatiran akan terjadi kekosongan darah yang berdampak pada layanan permintaan masyarakat.

Dokter Martono Adi Kabag Humas dan Layanan PMI Surabaya membenarkan bahwa kondisi stok persediaan darah memang mulai menipis sejak beberapa hari yang lalu. Sampai Jumat (20/8/2021) ini belum ada penambahan signifikan.

“Untuk semua jenis golongan darah. Persediaannya terus menipis. Sejak sekitar dua tiga hari yang lalu jumlahnya terus berkurang. Masih belum banyak pendonor darah yang hadir,” terang dr. Martono, Jumat (20/8/2021).

Selain tidak banyaknya pendonor darah yang hadir di PMI Surabaya, menipisnya jumlah stok persediaan darah juga dikarenakan belum adanya instansi atau perusahaan di Kota Surabaya yang secara masif menggelar kegiatan donor darah.

“Instansi juga tidak banyak menggelar donor darah. Padahal biasanya sampai akhir Agustus kegiatan donor darah selalu ramai digelar untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI, tahun ini tidak banyak. Itu juga bisa jadi penyebab menipisnya stok darah di PMI Surabaya,” tambah Martono.

Diharapkan dalam waktu dekat masyarakat atau pendonor yang sudah memasuki jadwal donor darah untuk segera hadir di PMI Surabaya. Karena jika stok terus menipis maka kondisinya akan mengkhawatirkan, terutama bagi pasien di rumah sakit.

Sementara itu, terkait kantong plasma konvalesen yang jumlahnya juga terus menipis di PMI Surabaya, Martono sampai saat ini belum menerima informasi dari pusat mengenai hal itu.

“Kantong plasma konvalesen belum bertambah. Pusat belum mendistribusikan lagi,” kata Martono. (tok/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 30 November 2021
28o
Kurs