Sabtu, 20 Agustus 2022

Sumpah Pemuda, UK Petra Apresiasi Mahasiswa Berprestasi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rektor UK Petra berfoto dengan perwakilan mahasiswa penerima beasiswa mahasiswa berprestasi pada peringatan Sumpah Pemuda 2021. Foto: Humas UK Petra

Masih dalam perayaan Sumpah Pemuda 2021, UK Petra Surabaya memberikan penghargaan kepada kurang lebih 117 tim mahasiswa berprestasi.

Sedangkan Beasiswa Prestasi Akademik (BPA) semester gasal 2021/2022 diterima oleh 29 orang mahasiswa.

Djwantoro Harjito Rektor Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya menyampaikan, di tengah situasi dan kondisi saat ini peringatan Sumpah Pemuda menjadi sarana untuk mengingatkan pentingnya persatuan dan kesatuan di atas berbagai perbedaan yang ada.

“Peringatan Sumpah Pemuda sarana penting bagi pengingat menjaga persatuan dan kesatuan di atas segala perbedaan. Ini penting dipahami semua generasi muda dan seluruh masyarakat Indonesia,” terang Djwantoro, Jumat (29/10/2021).

Nicholaus Karanka sebagai perwakilan mahasiswa Penerima Penghargaan Mahasiswa Berprestasi mendapatkan beasiswa USPP (Uang Sumbangan Penyelenggara Pendidikan) selama satu semester.

Ia berhasil membawa pulang medali emas dalam cabang olahraga Wushu PON XX-Papua.

“Saya sangat bersyukur, UK Petra juga memberikan apresiasi pada mahasiswa yang berprestasi non akademik juga seperti saya,” ujar Nicho sapaan Nicholaus Karanka.

BPA diberikan pada mahasiswa yang memiliki IPK (Indeks Prestasi Komulatif) tertinggi satu tahun pertama kuliahnya di masing-masing program studi. Sehingga yang mendapatkan BPA ini hanya satu orang saja tiap program studinya.

Beasiswa yang diberikan tiap mahasiswa berbeda antara satu dengan yang lainnya, ada yang menerima bebas USPP selama satu semester dan ada yang menerima UPRS (Uang Pendaftaran Rencana Studi) selama satu semester.

Rasa bahagia juga dirasakan Nicole Naomi Hidajat mahasiswi asal prodi English Creative Industry (ECI) UK Petra yang mendapatkan IPK 3,98 ini mendapatkan beasiswa USPP untuk satu semester saja.

“Kaget tidak menyangka akan mendapatkan BPA. Sangat membantu orang tua dalam kondisi seperti saat ini dalam membayar keuangan saat studi saya. Harapannya nanti bisa mempertahankan prestasi agar nanti bisa membanggakan orang tua dan mencapai goal dengan bekerja di industri film,” pungkas Nicole.(tok/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 20 Agustus 2022
24o
Kurs